Ketahuilah Penyebab Jantung Berdebar-Debar Berikut Ini

By Categories : Kesehatan

Selayaknya jantung normal, jantung berdetak memang salah satu tanda jika organ tubuh yang satu ini tengah bekerja dengan baik. Akan tetapi bagaimana jika debaran jantung tersebut tidak biasa dan terlalu cepat? Umumnya jantung akan berdebar atau berdetak dengan kencang ketika seseorang merasa gugup, takut ataupun terlalu bahagia. Namun tahukah Anda, jantung yang berdetak dengan kencang juga dapat menjadi penyebab masalah pada jantung itu sendiri. Nah, berikut adalah beberapa penyebab jantung berdebar-debar yang perlu diwaspadai dan diketahui.

Ketahuilah Penyebab Jantung Berdebar-Debar Berikut Ini

Penyebab jantung berdetak kencang yang perlu diwaspadai

Dehidrasi

Penyebab yang pertama adalah dehidrasi. Ketika cairan dalam darah mulai berkurang, hal ini menyebabkan darah akan menjadi kental dan peredarannya pun akan mulai melambat. Untuk menjaga aliran darah tetap bisa menutrisi seluruh organ tubuh, maka jantung pun akan berusaha memompa darah lebih keras. Hal inilah yang menyebabkan jantung berdebar-debar dari normalnya.

Gula darah rendah

Yang kedua adalah disebabkan karena gula darah rendah. Tahukah Anda bahwa seseorang yang terkena penyakit diabetes justru sangat rentang mengalami hipoglikemia atau gula darah rendah? Lantas mengapa demikian? Ini karena untuk menghindari lonjakan gula darah, penderita diabetes seringkali menghindari makanan yang mengandung glukosa dan pada akhirnya hal  ini menyebabkan gula darah menjadi rendah. Oleh karena itu, meskipun memiliki resiko diabetes Anda juga diwajibkan untuk mengonsumsi gula sesuai takaran yang ditentukan untuk menghindari gula darah rendah.

Anemia

Penyebab jantung berdebar-debar selanjutnya adalah karena anemia. Anemia atau kurang darah adalah suatu kondisi di mana seseorang kurang akan asupan kalium dan magnesium, dan salah satu gejala anemia yang sering dialami oleh penderitanya adalah jantunng berdebar-debar. Jantung berdebar disebabkan karena kurannya sel darah merah yang berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk jantung.

Penggunaan obat-obatan

Berikutnya adalah karena penggunaan obat-obatan. Beberapa obat-obatan  tertentu juga memiliki efek samping. Salah satu efek samping yang sering dijumpai adalah mengantuk, jantung berdebar-debar dan masih banyak lagi.

Gaya hidup tidak sehat

Mengonsumsi makanan pedas dan banyak makan juga merupakan penyebab dari jantung berdebar-debar. Namun tak hanya itu saja, seseorang yang merokok, minum alkohol berlebihan dan menggunakan narkoba atau obat terlarang lainnya juga bisa menyebabkan palpitasi atau jantung berdebar.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah lebih dari jumlah normalnya. Seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi juga memiliki resiko  terkena serangan jantung. Selain hipertensi, hipotensi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang satu ini. Karena keduanya pun dapat membuat jantung bekerja lebih berat dari  normalnya.

Nah itulah beberapa penyebab jantung berdebar yang perlu diketahui dan diwaspadai. Agar jantung Anda tetap sehat Anda disarankan mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Makanan untuk kesehatan jantung

  • Ikan laut. Kebanyakan ikan laut memiliki kandungan vitamin B6 dan B12 yang cukup tinggi. Vitamin ini mampu membantu tubuh untuk menghasilkan serotonin. Hormon tersebut penting untuk tubuh agar dapat memperoleh rasa rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik menormalkan tekanan darah serta mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
  • Almond. Jenis kacang ini mengandung vitamin B2, vitamin E, serta magnesium dan zinc yang mampu membuat jantung Anda tetap sehat. Mengonsumsi 1/4 kacang almond setiap hari jauh lebih sehat. Anda dapat mengonsumsi sebagai sarapan pagi dengan ditambahkan oarmeal.
  • Asparagus. Sayuran ini memiliki kandungan asam folat, vitamin C, vitamin D yang mampu mencegah peradangan pada jantung. Sayuran ini juga sangat rendah kalori jika diolah dengan cara direbus kemudian ditambah sedikit minyak zaitun.
  • Kacang merah. Selain kacang almond, kacang merah juga baik untuk kesehatan jantung. Penyebab jantung berdebar-debar karena hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi kacang merah. Kacang merang mengandung protein nabati, zat besi, vitamin B, dan kalsium. Dengan menambahkan 15 gram pada masakan Anda mampu membantu mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh. Cara paling mudah adalah dengan membuat sup kacang yang ditambahkan wortel, tomat, seledri dan merica.
  • Daging tanpa lemak. Daging merupakan pilihan terbaik untuk kesehatan jantung. Namun Perlu Anda ketahui jika tidak semua jenis daging mampu menjaga kesehatan jantung. Daging yang bisa Anda pilih adalah daging yang tidak mengandung lemak. Daging jenis ini mengandung zinc, zat besi, dan vitamin yang mampu membuat perasaan menjadi tenang. Anda dapat mengolahnya menjadi steak untuk dikonsumsi.
  • Ubi jalar. Salah satu jenis umbi-umbian ini mengandung betakaroten, vitamin, antioksidan, dan mineral yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Ubi ini memiliki rasa manis alami, dan Anda dapat mengonsumsinya dengan cara direbus sebagai sarapan pagi Anda.

Loading...