Ketahuilah Daur Hidup Cacing Pita Berikut Ini

By Categories : Pendidikan

Infeksi cacing pita (taeniasis) merupakan salah satu penyakit zoonosis parasiter yang dapat menyebar dan menular kepada hewan vertebrata termasuk manusia. Cacing pita termasuk ke dalam genus Taenia yang terdiri dari 3 spesies, yaitu Taenia saginata, Taenia Solium dan juga Taenia asiatica. Taenia saginata banyak ditemukan di daging sapi. Sedangkan Taenia solium pada daging babi. Infeksi cacing pita pada manusia dapat terjadi karena mengonsumsi daging sapi ataupun daging kambing yang terkontaminasi cacing pita dewasa. Sedangkan sapi dan babi dapat terinfeksi cacing pita melalui tumbuh-tumbuhan yang dimakannya. Lantas bagaimana daur hidup cacing pita? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Ketahuilah Daur Hidup Cacing Pita Berikut Ini

Mengetahui daur hidup cacing pita

Siklus hidup Taenia saginata (cacing pita sapi)

  1. Pada manusia cacing pita hidup di dalam saluran pencernaan. Di dalam usus telur cacing (proglotid gravid). Telus yang sudah matang mengandung sel telur yang sudah dibuahi (embrio).
  2. Telur yang berisi embrio tersebut akan keluar bersama dengan feses. Jika telur tersebut termakan sapi, maka telur akan tumbuh dan berkembang dalam usus sapi menjadi larva onkoster.
  3. Ketika larva onkoster tersebut sudah berkembang maka ia akan menembus usus dan masuk ke dalam pembuluh darah yang kemudian sampai ke otot lurik dan membentuk kista atau yang biasa disebut dengan larva cacing (Cysticerus bovis). Lambat laut, kista tersebut akan semakin membesar dan akan membentuk gelembung yang disebut dengan sistiserkus (Cysticercus). Manusia akan tertular cacing tersebut jika mengonsumsi daging sapi mentah ataupun setengah matang.
  4. Daur hidup cacing pita sapi (taenia saginata) selanjutnya adalah dinding cysticerus tersebut akan dicerna di lambung sedangkan larva akan menempel pada usus manusia. Pada akhirnya larva tersebut akan membentuk proglotid yang dapat menghasilkan telur. Dan kembali lagi sesuai dengan siklus hidup cacing pita seperti di atas,

Siklus hidup Taenia Solium (cacing pita babi)

  1. Siklus hidup cacing pita sapi dalam tubuh manusia, proglotid cacing pita dewasa mengandung embrio akanmelepaskan diri melalui feses. Jika proglotid dewasa tersebut terletan oleh babi, maka di dalam pencernaan babi selubung telur dalam proglotid akan larut dan keluar larva yang disebut dengan heksakan. Disebut sebagai heksakan bukan onkosfer karena memiliki enam kait kitin.
  2. Setelah itu, heksakan akan menembus dinding usus babi dan ikut aliran darah serta singgah di jaringan otot tubuh babi. Larva tersebut akan tumbuh menjadi sistiserkus.
  3. Ketika manusia mengonsumsi daging babi yang terkontaminasi dengan cacing pita tersebut, maka sistiserkus tersebut akan tumbuh menjadi cacing pita dewasa dalam tubuh manusia. Dan daur hidup cacing pita akan terulang kembali seperti di atas.

Nah itulah daur atau siklus hidup cacing pita.

Baca juga pengertian dan perbedaan xilem dan floem.

terms: cacing pita