Ketahuilah Cara Meningkatkan IQ Berikut Ini!

By Categories : Tips

Memiliki  anak-anak yang cerdas dan pintar adalah impian setiap orang. Di samping faktor keturunan, pemberian gizi dan nutrisi yang baik,  memberikan mainan ataupun program komputer yang dapat merangsang kecerdasan anak serta melindungi diri dari zat-zat bebahaya, sebagian besar para ahli tumbuh kembang anak memiliki beberapa cara meningkatkan IQ yang benar dan tepat

Meningkatkan IQ

Tahukah Anda bahwa sebelum lahir hingga berusia 4 tahun otak bayi telah tumbuh secara eksplosif. Akan tetapi otak tidak berhenti berkembang hanya pada usia 4 tahun saja. otak anak akan terus mengorganisir sepanjang masa kanak-kanan dan dalam kehidupan dewasa. Nah  berikut adalah beberapa cara meningkatkan IQ anak yang dapat dicoba.

Cara mudah meningkatkan IQ anak

Emosi membantu proses belajar

Tahukah Anda keterikatan awal orang tua dan anak sangat berpengaruh untuk perkembangan emosi, sosial serta dapat membangun kecerdasan anak? Oleh karena itu para orang tua harus memiliki hubungan kasih sayang yang dekat sepanjang masa kanan-kanan. Salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan akan adalah dengan melakukan kontak mata dan mendengarkan dengan antusias ketika anak bercerita dan berbicara. Dengan begitu anak-anak akan menjadi tertarik belajar, karena mereka merasa bahwa belajar adalah hal berharga bagi orang-orang yang peduli kepadanya.

Pengalaman dapat memahat otak anak

Hingga saat ini banyak sekali orang tua yang berfikir bahwa otak adalah wadah yang hanya dapat diisi dengan pengetahuan. Namun hal itu bukan cara kerja dari otak anak-anak. Pembelajaran terbaik agar otak anak berkembang adalah dengan cara terlibat dalam kegiatan aktif, seperti seorang anak dapat mengukur bahan-bahan dalam konteks memasak serta dapat menghitung beberapa hal dalam konteks berkebun. Interaksi yang ia alami dengan dunia nyata sangat penting bagi perkembangan otak anak.

Usaha dan pola pikir

Cara meningkatkan IQ anak selanjutnya adalah dengan cara mengembangkan usaha dan pola pikir. Seperti yang kita ketahui banyak sekali siswa-siswa yang percaya bahwa kecerdasaan otak adalah hal tetap dan tidak berubah. Bagi seorang anak yang berfikir demikian, pada akhirnya mereka membatasi pertumbuhan kecerdasan mereka sendiri. Akan tetapi seorang anak yang memiliki pola pikir yang berkembang dan dikuti dengan usaha tentu saja hal ini dapat membuat anak-anak akan lebih pintar dari waktu ke waktu. Seseorang yang selalu mencoba dan tertarik dengan tantangan baru dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.

Memuji setiap usaha

Cara berikutnya adalah dengan cara memuji setiap usaha. Memuji IQ anak justru hal ini dapat mengirim pesan bahwa kecerdasan adalah bakat alami yang dimiliki. Oleh karena itu sebaiknya Anda memberikan beberapa gagasan bahwa kerja keras selalu dibutuhkan untuk mencapai segala sesuatunya. Ketika anak mendapat pencapaian, pujilah proses, strategi pekerjaan dan komitmen yang dimiliki anak. Daripada berkata, “Wah dapat nilai 10 ya? Pintar…” lebih baik Anda berkata “hari ini apa yang dipelajari di sekolah?”.

Demikianlah ulasan mengenai cara meningkatkan IQ anak. Selain dengan beberapa cara tersebut, Anda juga perlu makanan sehat untuk meningkatkan kinerja otak anak. Beberapa makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Makanan yang dapat meningkatkan IQ

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan uang mampu meningkatkan IQ dan kualitas kecerdasan manusia. Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan asam lemak omega 3, yang dapat membantu perkembangan otak. Biasanya protein tersebut dapat ditemukan pada ikan salmon. Kandungan protein ikan salmon dapat menguatkan memori ingatan seseorang. Untuk itu orang yang sudah lanjut usia disarankan untuk rutin mengonsumsi ikan salmon.

Buah blueberry

Selai memiliki rasa yang enak, buah blueberry juga dapat memberikan manfaat bagi otak Anda. Para peneliti mengungkapkan jika blueberry mampu membantu melindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek kondisi yang berhubungan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia.

Alpukat dan biji-bijian

Selain bermanfaat untuk kecantikan, buah alpukat juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas IQ Anda. Dengan rutin mengonsumsi makanan biji-bijian dan buah seperti alpukat maka dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, makan makanan tersebut juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Itu karena dapat meningkatkan aliran darah untuk menjalankan sel-sel otak.

Makanan kaya protein

Makanan yang kaya akan protein mampu membantu perkembangan otak anak. Protein mengandung asam amino, sedangkan tubuh seseorang membutuhkan asam amino yang berguna untuk membangun neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin di dalam otak. Selain itu, protein juga dapat digunakan sebagai zat pembangun yang dapat ditemukan pada daging sapi dan telur.

Almond

Almond merupakan sumber dari fenilalanin yang merupakan zat yang dapat membantu otak untuk memproduksi dopamin, adrenalin dan noradrenalin. Dengan rutin mengonsumsi almond maka dapat meningkatkan ingatan seseorang dan mengatasi depresi.

Baca juga cara meningkatkan percaya diri anak.

loading...
terms: cara alami kanan nah iq