Ketahui Tips Membeli Mobil Bekas yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Umum

Sampai saat ini mobil bekas masih menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki mobil. Dalam membeli mobil bekas tidak bisa dianggap sepele dan bukanlah menjadi hal yang mudah. Apalagi kini terdapat banyak mobil yang memiliki tampilan bagus, tetapi buruk untuk masalah mesin. Selain melihat kondisi mesin, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kelengkapan surat kendaraan tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko rasa kecewa setelah pembelian. Lalu bagaimana cara atau tips membeli mobil bekas? Yuk langsung saja ketahui dengan mengikuti pembahasannya di bawah ini!

Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut Tips Membeli Mobil Bekas

Jangan Terpancing dengan Harga Murah

Harga tak wajar atau harga murah perlu diwaspadai saat akan membeli mobil bekas. Bisa jadi dengan harga tak wajar tersebut justru membuat kualitas dari mobil tersebut diragukan. Untuk itu ketika akan membeli mobil bekas sebaiknya tetap perhatikan harga pasaran dan tentunya memeriksa kelengkapan surat serta kondisi mesin dan ban.

Jangan Tergesa-gesa Saat Membeli

Tips berikutnya dalam membeli mobil bekas adalah jangan terlalu tergesa-gesa ketika akan membeli. Untuk membeli barang-barang bekas sebaiknya jangan terlalu tergesa-gesa, termasuk membeli mobil. Pada umumnya ketika membeli dengan tergesa-gesa justru akan memperbesar resiko kecewa di kemudian hari. Untuk itu sebaiknya Anda lakukan 2 sampai 3 kali survey sebelum memastikan untuk membelinya.

Jangan Lupa Cek Kondisi Bodi

Tips membeli mobil bekas yang ketiga adalah dengan mengecek kondisi bodi mobil. Tidak seperti mobil baru yang memiliki kondisi prima, dalam membeli bekas Anda perlu mengecek kondisi mengenai bodi. Pastikan kondisi mobil bagus mulai dari luar mobil sampai dengan dalam mobil. Anda dapat memastikan bodi mobil mulai dari bumper depan sampai dengan bumper belakang. Jika bumper memiliki bentuk yang tidak wajar, kemungkinan besar pernah mengalami tabrakan atau sejenisnya. Jangan lupa untuk mengecek kondisi cat pada mobil.

Cek Kondisi pada Mesin

Setelah mengecek kondisi bodi mobil, jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin mobil. Bagi Anda yang tidak paham mengenai mesin mobil, terdapat cara alternatif yaitu Anda mengajak teman atau orang lain yang paham mengenai mesin mobil atau paling tidak seorang teknisi khusus mesin mobil. Dengan begitu proses pengecekan akan dilakukan apakah kondisi mesin mobil masih bagus atau tidak.

Periksa Kelengkapan Surat Mobil

Tips terakhir membeli mobil bekas adalah dengan memeriksa kelengkapan surat mobil tersebut seperti STNK sampai dengan BPKB mobil. Hal ini berguna untuk menghindari penipuan seperti surat dokumen bekas. Apalagi saat ini marak terjadi kelengkapan mobil palsu. Sebelum membeli Anda dapat meminta foto copy mengenai surat-surat kelengkapan, kemudian mengeceknya pada Polda terdekat.

Demikianlah tadi ulasan mengenai beberapa tips dalam membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan tips-tips tersebut berguna untuk meminimalisir resiko penipuan pada proses pembelian. Baca juga artikel penting lainnya Tips membeli rumah lelang.

loading...