Ketahui Makanan yang Dapat Menyebabkan Alergi pada Tubuh

By Categories : Kesehatan

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, tubuh memang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Namun dari banyaknya makanan yang memiliki banyak nutrisi, justru dapat menyebabkan alergi pada tubuh jika berlebihan daam mengonsumsinya. Soal makanan yang dapat menyebabkan alergi sebaiknya jangan disepelekan bagi mereka yang sering alergi.

Ketahui Makanan yang Dapat Menyebabkan Alergi pada Tubuh

Namun tidak semua orang alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Penyebab alergi biasanya ditandai mulai dari gejala ringan sampai dengan gejala yang cukup parah. Nah untuk itu bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja makanan yang sering menimbulkan alergi bagi mereka yang sering mengalaminya, yuk langsung saja ketahui dengan mengikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Makanan yang Dapat Menyebabkan Alergi

Susu Sapi

Mungkin Anda akan bertanya-tanya kenapa susu sapi dapat menyebabkan alergi pada tubuh? Secara fakta dua sampai tiga persen bayi sangat peka terhadap protein yang terkandung dalam susu sapi maupun formula yang memiliki kandungan susu sapi. Akibatnya adalah bayi rentan alergi ketika minum susu sapi. Sedangkan untuk anak-anak dengan usia 4 tahun atau lebih jika alergi terhadap susu sapi, maka kemungkinan besar mereka memiliki reaksi kekebalan tubuh abnormal terhadap protein yang terkandung pada susu sapi.

Telur

Tidak sedikit orang yang mengalami alergi ketika dirinya habis mengonsumsi telur. Alergi ketika habis mengonsumsi telur biasanya dapat ditandai dengan kulit menjadi merah yang ditambah dengan rasa gatal. Seperti halnya dengan susu sapi, sebagian besar anak akan sembuh terhadap alergi telur di usia 5 tahun. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan orang dewasa mengalami alergi terhadap telur.

Ikan

Sumber makanan ini yang juga sering membuat orang sering mengalami alergi pada tubuh. Untuk jenis makanan laut seperti ikan memang dapat menyebabkan alergi pada tubuh yang ditandai dengan rasa gatal, dan kulit menjadi merah. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada jenis ikan yang tidak bisa diterima oleh tubuh orang tersebut yang memiliki sistem antibodi rendah.Walau demikian, manfaat mengonsumsi ikan pada orang yang memiliki kekebalan tubuh normal sangat banyak, yaitu menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

Kerang

Seperti halnya dengan ikan, sebagian orang juga peka terhadap kerang ketika habis mengonsumsinya. Kerang menjadi sumber makanan yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh yang ditandai dengan kulit kemerahan akibat rasa gatal. Alergi terhadap kerang tidak hanya dialami oleh kalangan muda namun sampai dengan kalangan tua. Untuk mengatasi alergi terhadap kerang bisa diatasi dengan minum air kelapa murni.

Kacang Tanah

Walaupun ada beberapa jenis kacang yang baik untuk diet, tetapi ada juga jenis kacang yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh. Salah satunya adalah kacang tanah, kacang mengandung jumlah protein yang cukup tinggi. Adapun banyak penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena alergi ketika habis mengonsumsi kacang tanah termasuk kandungan senyawa dalam kacang. Pada umumnya setiap reaksi yang dialami setiap orang berbeda.

Demikianlah tadi seputar ulasan mengenai makanan yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang sering mengalami alergi ketika mengonsumsi salah satu jenis makanan, sebaiknya untuk mengurangi atau juga menghindarinya.

loading...