Ketahui Beberapa Sebab Anda Suka Makan Berlebihan

By Categories : Berita

Ketahui Beberapa Sebab Anda Suka Makan Berlebihan – Suatu hal berlebihan tentu itu kurang baik. Ungkapan tersebut begitu popular, dan tentu ungkapan itu berlaku pada apa saja, termasuk urusan makan. Makan dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan penyakit.

Sebab Anda Suka Makan Berlebihan

Umumnya secara tak sadar kita sering melakukannya. Dikutip dari Magforwoman, inilah beberapa alasan utama mengapa seseorang suka makan berlebihan:

1. Sebab melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan menjadi faktor umum, ketika seseorang lupa atau terburu-buru hingga melewatkan waktu sarapan biasanya dia akan makan siang dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya karena rasa lapar terasa sangat. Hal ini dapat menimbulkan ketidakseimbangan pada tubuh, yang tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

2. Makan dengan mangkuk atau piring jumbo

Hindari menggunakan mangkuk atau piring jumbo/besar pada saat makan. Terdapat kecenderungan untuk makan dalam porsi berlebih karena menggunakan wadah yang besar. Selalu gunakan piring atau mangkuk kecil, supaya pikiran kita mengarah pada porsi makan yang sedang (cukup) saja.

3. Makan sambil menikmati tayangan televisi

Banyak orang seringkali terlena (terlalu fokus) saat nonton tv, karena secara tidak sadar anda terdorong untuk terus mengunyah makanan. Mulai sekarang biasakan untuk selalu fokus 100% pada makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat mendorong anda untuk lekas mendapat rasa kenyang.

4. Ingin membahagiakan teman

Seringkali diantara kita yang ikut makan karena tidak enak/sungkan saat diajak makan oleh teman kita, walau perut sudah terasa kenyang namun seringkali kita tetap ikut perminataan teman karena takut mengecewakannya, mulai sekarang cobalah memberi sikap pada diri sendiri dan aturlah pola makan sebaik-baiknya, jika harus menolak ajakan teman, maka tolaklah dengan cara baik dan sopan. Teman yang baik tentu akan mengerti.

5.  Terlalu banyak pilihan

Banyaknya variasi hidangan makanan yang ada didepan anda, terkadang memang sangat menggoda, apalagi dalam suasan pesta yang menyajikan santapan kuliner dengan berbagai variasi makanan lezat yang tentunya membuat kita sulit untuk tidak mencicipinya. Silahkan coba beberapa makanan namun dalam porsi yang tidak berlebih, tetaplah jaga control diri supaya tidak makan berlebih.

6. Tidak ngemil sama sekali

Tidak semua snack berakibat buruk, cobalah makan snack saat lapar. Diantaranya buah-buahan, biscuit dan salad sehat dapat membantu memberi rasa kenyang. Dengan cara ini anda akan terbebas dari makan berlebih.

7. Akibat depresi

Mungkin tak semua orang seperti ini, pada beberapa orang seringkali justu akan makan berlebihan ketika sedang tertekan atau bersedih. Perlu diingat bahwa hal ini berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak yang tentunya sangat tidak dianjurkan.

Demikian beberapa hal yang perlu anda tahu tentang Penyebab Suka Makan Berlebihan, semoga artikel ini dapat membantu kita semua untuk tetap menjaga pola makan yang baik dan sehat.

Loading...