Kesalahan Saat Mencuci Wajah yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Kesehatan

Mencuci wajah menjadi hal yang perlu diperhatikan setiap orang, jika tidak ingin timbul jerawat pada wajah. Dengan menjaga kebersihan wajah dapat menghindarkan berbagai permasalahan pada wajah seperti timbulnya komedo, munculnya jerawat, sampai dengan muncul bintik hitam pada wajah. Namun tahukah Anda bahwa jika salah dalam melakukannya malah dapat memicu kulit wajah menjadi kering, wajah menjadi berminyak, dan juga iritasi. Lalu apa saja kesalahan saat mencuci wajah yang perlu diperhatikan?

Kesalahan Saat Mencuci Wajah

Berikut Kesalahan Saat Mencuci Wajah

Salah dalam Memilih Sabun Muka

Salah satu kesalahan ketika mencuci wajah yang pertama adalah salah dalam memilih sabun muka. Untuk sabun muka yang baik adalah pembersih wajah yang dapat menghilangkan kotoran sekaligus menjaga kelembaban sel sel kulit sehat. Namun tidak jarang sebagian orang memilih sabun muka keliru untuk wajahnya. Akibatnya adalah munculnya iritasi pada wajah dan juga wajah menjadi kering. Oleh sebab itu, untuk Anda dengan wajah kering alangkah baiknya untuk memilih sabun muka dengan pelembab yang tinggi. Sedangkan untuk wajah berminyak sebaiknya menggunakan busa dan juga gel. Dalam pemilihan Anda harus melihat dan memastikan bahwa sabun muka yang digunakan Standar Nasional.

Membilas Wajah Kurang Bersih

Kesalahan saat mencuci wajah yang berikutnya adalah membilas sabun muka kurang bersih. Ini menjadi kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan, mungkin terlihat sepele namun tahukah Anda bahwa bekas dari sabun yang tidak bersih dibilas dapat mengakibatkan beberapa penyebab salah satunya adalah kulit menjadi kering dan timbul iritasi wajah. Di sisi lain sabun yang masih menempel dapat memicu timbulnya jerawat. Ini dikarenakan pori-pori kulit tersumbat. Oleh sebab itu pastikan Anda membilas dengan bersih.

Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Kesalahan saat mencuci wajah yang berikutnya adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Kesalahan ini mungkin sering dilakukan sebagian orang ketika hendak mencuci muka. Menuangkan sabun wajah ke dalam tangan yang belum dicuci dapat menyebabkan sabun muka bercampur dengan kotoran atau juga bakteri di tangan. Oleh karena itu sebelum hendak mencuci wajah, sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu.

Terlalu Cepat untuk Membilas

Sesudah menggunakan sabun wajah biasanya ingin cepat untuk membilasnya. Apalagi jika dalam keadaan terburu-buru tentu ingin cepat-cepat membilasnya. Untuk itu biarkan selama kurang lebih 1 menit untuk sabun wajah bekerja dalam mengangkat kotoran pada wajah serta bakteri yang menempel. Dengan begitu Anda tidak sia-sia mencuci dengan sabun wajah.

Suhu Air

Terdapat ungkapan bahwa suhu air yang baik digunakan untuk membuka pori-pori kulit adalah air panas. Hal tersebut tidak selamanya benar, karena air panas justru dapat membuat kulit mejadi kering sedangkan untuk air dingin dapat pembuluh darah wajah menjadi rusak. Oleh karena itu sebaiknya dalam mencuci wajah sebaiknya menggunakan air hangat, tidak panas dan juga tidak dingin.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai kesalahan saat mencuci wajah yang perlu diperhatikan. Baca juga Manfaat kapur sirih untuk kulit.