Kesalahan Menata Ruang Tamu

By Categories : Tips

Salah satu bagian rumah yang sering menjadi perhatian adalah ruang tamu. Pemilik rumah biasanya menata dan menghias ruang tamu agar menjadi ruangan serbaguna. Sebenarnya, ruang tamu tidak harus memiliki ukuran yang besar. Yang terpenting disini adalah kenyamanan bagi Anda dan orang lain yang datang. Namun pada kenyataannya, orang lebih suka mendekorasi menata ruang tamu dengan berbagai aksesoris. Padahal tidak semua aksesoris yang Anda pasang dapat mempercantik ruang tamu Anda.

Kesalahan Menata Ruang Tamu

Berikut kesalahan menata ruang tamu

  • Penempatan furnitur

Kebanyakan pemilik rumah menempatkan banyak furnitur di ruang tamu dengan alasan untuk mempercantik ruangan, padahal tidak semua bisa demikian. Penempatan furnitur yang salah atau terlalu berlebihan di ruang tamu justru akan membuat ruangan terlihat sempit. Salah satu tips memilih dekorasi rumah adalah hindari perabotan yang terlalu banyak menempel di dinding.

  • Tirai terlalu mencolok

Kesalahan menata ruang tamu yang selanjutnya adalah hindari tirai yang telalu mencolok. Tirai dengan warna yang terlalu terang dan besar akan membuat ruangan terlihat sempit. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat memilih tirai dengan kain yang indah dan memiliki pola seperti tirai roller dengan warna netral.

  • Terlalu banyak kekacauan

Ini salah satu kebiasaan orang untuk menempatkan barang di ruang tamu, salah satunya adalah tempat payung. Alasan mereka agar lebih mudah saat akan pergi di musim hujan. Padahal penempatan barang-barang tersebut justru akan membuat ruang tamu Anda tidak terlihat rapi.

  • Penempatan TV

Dalam menata ruang tamu Anda juga harus memperhatikan posisi TV. Tempat terbaik untuk menempatkan TV adalah dinding kosong yang tidak menghalangi cahaya jendela. Ini juga merupakan tips menata ruang tamu minimalis. Agar tidak memenuhi ruangan, Anda dapat memilih TV Flat yang bisa ditempel di dinding ruangan dan hindari ukuran TV yang terlalu besar.

  • Kurangnya karpet

Terkadang orang melupakan hal yang satu ini. Padahal karpet di ruang tamu akan membuat lantai Anda leih berwarna dan memiliki pola. Selain itu karpet juga dapat menghangatkan di musim hujan.

  • Pemilihan warna

Banyak pemilik rumah yang memilih warna monoton untuk ruang tamu. Padahal banyak warna yang bisa Anda pilih. Warna monoton cenderung membuat ruangan Anda terlihat biasa saja dan kurang menarik. Anda dapat mencoba beberapa warna cerah seperti biru muda atau hijau agar terlihat lebih segar.

  • Furnitur terlalu besar

Alih-alih membuat kesan mewah, seseorang biasanya menata ruang tamu dengan furnitur yang besar terutama dalam hal sofa. Padahal hal ini justru akan membuat ruangan lebih kecil dan penuh. Pilihlah sofa yang memiliki lengan yang tipis, terutama untuk ruangan yang kecil.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang dalam menata ruang tamu. Jika Anda merasa kurang pandai dalam mendekorasi ruangan maka Anda dapat berkonsultasi pada ahlinya.

terms: kesalahan menata ruang tamu