Kenali Bahaya dan Manfaat Daun Kecubung Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Kecubung atau Daluta Metel L merupakan tanaman yang dikenal sangat berbahaya bagi kesehatan salah satunya dapat memabukkan. Meskipun begitu, banyak dari mereka yang seringkali menyalahgunakan tanaman yang satu ini untuk penghilang kesadaran atau zat pembius. Hal ini dikarenakan daun kucung memiliki kandungan metil kristalin yang berperan untuk membuat relaksasi pada otot lurik. Masyarakat yang banyak menyalahgunakan daun kecubung pertama kali adalah masyarakat Amerika dan Eropa.

Karena memiliki bentuk yang mirip seperti terompet dengan konotasi negatif, maka masyarakat sering menyebutnya dengan Davil Trumpet. Dari konotasi menenangkan tersebut, kecubung sampai sekarang tetap dikenal sebagai tanaman yang berbahaya. Maka dari situlah untuk membuktikan jika tanaman ini juga memiliki dampak positif bagi kesehatan. Seorang Pakar Tanaman dr. Setiawan Dalimartha mengungkapkan bahwa manfaat daun kecubung sangat banyak sekali.

Manfaat Daun Kecubung

Hal itu semakin diperkuat dalam situs pengetahuan serta Tehnologi memapakan bahwa kecubung memiliki banyak kandungan yang bermanfata bagi kesehatan diantaranya memiliki kandungan senyawa kimia alkaloid, hiosin, zat lemak, kalsium oksalat serta nikotina. Lantas apa saja manfaat daun kecubung bagi kesehatan ? Seimak penjelasan berikut ini !

Inilah Manfaat Daun Kecubung Bagi Kesehatan

Mengatasi Penyakit Asma

Manfaat daun kecubung bagi kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi penyakit asma. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid dapat membantu mempelebar kembali saluran penapasan yang menyempit akibat serangan asma. Selain itu kecubung juga memiliki kandungan senyawa skopolamin yang memiliki kemampuan untuk berperan sebagai anti mabuk.

Sebagai Obat Menenangkan Kejang-kejang

Bukan hanya daunnya saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan, melainkan semua bagian dari tanaman yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai obat obat menenagkan kejang-kejang. Hal ini sering kali di manfaatkan oleh industri farmasi sebagai sumber hysciamin yang berkhasiat sebagai obat penenang.

Penyakit Lainnya

Manfaat duan kecubung yang terakhir dadalah dapat berfungsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh. Diantaranya dapat mengatasi penyakit sembelit, sakit pinggang, eksim, radang tenggorokan dan berbagai macam sakit tulang seperti patah tulang.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun kecubung bagi kesehatan yang dapat Anda ketahui. Meskipun begitu, Anda juga tidak dapat sembarangan dalam memanfaatkan daun kecubung. Hal ini dikarenakan daun kecubung memiliki kadungan alkahoid yang bersifat racun, sehingga dalam tingkat pemakaiannya sangatlah terbatas.

Alangkah baiknya sebelum memanfaatkan tanaman yang satu ini, usahakan untuk dikonsultasikan terlebih dahulu kepada herbalis atau dokter. Adapun indkasi keracunan terhadap daun kecubung bisanya ditandai dengan susah buang air besar, mulut terasa kering, dan mengalami gangguan penglihatan. Maka oleh karena itu sangatlah behati-hati dalam penggunaan tanaman yang satu ini. Baca juga artikel terkait lainnya. Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan.