Kelebihan Root pada Android dan Kekurangannya

By Categories : Teknologi

Perangkat Android merupakan salah satu perangkat paling populer saat ini. Perangkat yang menggunakan sistem operasi dari Google tersebut memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang bisa diunduh melalui toko resmi yakni Playstore. Namun tidak hanya itu saja terdapat varian pilihan ponsel Android dengan vendor yang berbeda. Dengan begitu membuat orang lebih fleksibel memilih ponsel berkualitas sesuai dengan dana yang mereka miliki.

Pernahkan Anda mendengar kata “Rooting”? proses root biasanya dilakukan oleh pengguna terhadap perangkat Android yang mereka gunakan. Untuk proses root sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun begitu masih banyak pengguna Android untuk melakukan proses rooting untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai kelebihan root pada Android dan apa saja kekurangannya? Simak pada pembahasannya di bawah ini!

Kelebihan Root pada Android

Berikut Kelebihan Root pada Android Lengkap dengan Kekurangannya

Mendapatkan Hak Akses SuperUser

Salah satu kelebihan root pada Android adalah mendapatkan hak akses lebih. Sebagai pengguna Android tentu menginginkan kebebasan dan tidak dibatasi dengan hak akses. Untuk mendapatkan hak akses penuh proses rooting menjadi salah satu alternatif alterbaik. Tak heran jika kebanyakan pengguna Android melakukan root terhadap ponsel Android mereka untuk mendapatkan Hak Akses Penuh. Sehingga pengguna lebih leluasa dalam mengutak atik ponsel mereka.

Menginstal Berbagai Aplikasi setelah Root

Bagi pengguna Android tidak semua aplikasi dapat digunakan khususnya bagi aplikasi yang sifatnya hanya bisa digunakan setelah proses rooting. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi mereka yang melakukan root. Terdapat berbagai macam aplikasi keren yang dapat digunakan setelah melakukan proses root seperti aplikasi untuk memblokir segala iklan yang mengganggu, aplikasi pengganti font, dan berbagai macam aplikasi lainnya.

Hak dalam Memindahkan Aplikasi ke SDCard

Mungkin bagi Anda yang belum melakukan root, serta memindahkan aplikasi menuju SDCard pasti akan mendapatkan notifikasi “failure/failed. Namun bagi mereka yang sudah melakukan root pada perangkat Android akan berhasil, mengingat sudah mendapatkan Hak Akses Penuh. Guna memindahkan aplikasi ke SDCard pengguna dapat menggunakan aplikasi Link2SD atau bisa juga Gemini App Manager.

Kekurangan Proses Root di Android

Garansi Hilang

Meskipun memiliki berbagai kelebihan dalam proses rooting, ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Pasalnya proses tersebut dapat menghilangkan garansi pada perangkat Anda. Ini dikarenakan dengan root maka pengguna tidak menggunakan segala pengaturan pabrik. Dengan begitu maka garansi akan hilang, namun sebagai gantinya mendapatkan Hak Akses Penuh.

Masalah Keamanan

Dalam melakukan proses root masalah keamanan juga kerap kali menjadi masalah. Meskipun begitu saat ini terdapat berbagai macam antivirus handal yang bisa digunakan seperti AVG, AVAST, ESET, dan antivirus handal lainnya. Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai kelebihan root pada Android dan kekurangannya. Dengan mendapatkan Hak Akses pengguna bisa melakukan apa saja termasuk juga install custom ROM serta meningkatkan performa.

Loading...