Kelainan Pada Telinga Lengkap dengan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Kelainan pada telinga harus diketahui oleh semua orang. Sebab tak hanya menyerang anak-anak penyakit pada telinga juga dapat menyerang semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bagi Anda yang penasaran mengenai penyakit apa saja yang dapat menyerang telinga, tak perlu khawatir, karena kali ini akan menjelaskan mengenai hal tersebut.

Jika dilihat dari segi fungsinya, telinga tidak hanya memiliki kemampuan untuk mendengar. Namun telinga juga memiliki peranan penting dalam membantu keseimbangan tubuh ketika bergerak. Oleh karena itu  sangat penting untuk  menjaga kesehatannya. Perlu diketahui pula, jika dibandingkan dengan alat indera lainnya, indera pendengaran terbilang sangat sensitif dan rentan terhadap penyakit.

 Jika telinga mengalami gangguan, tak hanya pendengaran kita saja yang tertanggu. Hal ini juga dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya, seperti pusing, sakit kepala hingga memicu munculnya vertigo. Beberapa penyakit pada telinga juga dapat menyebabkan ketulian total ataupun permanen. Sebelum membahas mengenai macam-macam penyakit pada telinga, tak ada salahnya jika Anda mengetahui cara membersihkan telinga yang tepat. Sebab salah dalam membersihkan kotoran telinga dapat memicu beberapa penyakit pada telinga.

Ana Kim, M.D, direktur riset otologik New York eye and ear infirmary di Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan bahwa telinga manusia sudah dirancang untuk bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara mendorong kotoran ke luar dari kanal telinga. Oleh karena itu membersihkan telinga dengan cara mengorek lubang telinga hingga bagian dalam tidak dianjurkan. Sebab cara tersebut justru dapat mendorong kotoran kembali masuk ke dalam saluran telinga dan berpotensi menyebabkan penyumbatan.kelainan-pada-telinga

Kelainan Pada Telinga yang Perlu Diwaspadai

Lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang tepat? Cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan meneteskan satu atau dua tetes hidrogen peroksida ke telinga Anda sekitar 10 menit sebelum mandi. Peroksida yang Anda gunakan dapat mencairkan kotoran. Namun sebaiknya lakukan hal ini sebulan sekali untuk menjaga kesehatannya.

Baca juga tips membersihkan telinga yang aman

Infeksi Telinga

Yang pertama adalah infeksi telinga. Infeksi telinga merupakan salah satu penyakit pada telinga yang paling umum terjadi.  Seperti yang kita ketahui ada beberapa bagian pada telinga, mulai dari telinga luar, tengah dan telinga bagian dalam. Beberapa bagian tersebut pun sangat rentan mengalami infeksi. Lantas apa yang menyebabkan infeksi pada telinga?

Infeksi biasanya disebabkan karena virus dan bakteri yang masuk ke dalam telinga. Untuk pengobatannya Anda bisa menggunakan antibiotik yang merupakan obat untuk melawan infeksi. Jika Anda sering mengalami masalah ini sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Sebab cairan yang menumpuk di telinga tengah dan infeksi yang berlangsung dari waktu ke waktu dapat menyebabkan masalah pendengaran hingga masalah lainnya.

Penyakit Meniere

Yang kedua adalah penyakit meniere. Penyakit yang satu ini akan mempengaruhi telinga bagian dalam dan sistem vestibular, yang merupakan sistem yang membantuuntuk menjaga keseimbangan. Penyakit meniere menyebabkan bagian koklea yang disebut organ korti membengkak.

Selain dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, pembengkakan ini juga dapat menyebabkan telinga berdengung, kurangnya keseimbangan hingga vertigo. Kelainan pada telinga yang satu ini dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Jika sudah terlalu parah, operasi mungkin dibutuhkan

Otitis Media

Penyakit pada telinga selanjutnya adalah otitis media. Otitis media sendiri adalah penyakit yang menyebabkan telinga bagian tengah mengalami peradangan. Penyakit ini biasanya disebabkan karena infeksi pada saluran pernapasan, salah satunya yaitu di tenggorokan.

Virus serta bakteri penyebab infeksi tersebut akan menyebar melewati saluran eustachius. Lalu akan menyebabkan peradangan, pembengkakan hingga gangguan pendengaran. Jika Anda mendapati gejala seperti sakit telinga disertai sakit kepala tak tertahankan segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Tinnitus

Berikutnya adalah tinnitus atau telinga berdengung. Kondisi ini juga sering dialami oleh banyak orang. tinnitus ditandai dengan adanya suara dengungan pada telinga bagian dalam. Umumnya gejala dari tinnitus ini adalah suara yang terlalu kencang. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menyesuaikan volume suara yang tepat ketika mendengarkan musik ataupun televisi agar terhindar dari tinnitus.

Cellulitis

Cellulitis adalah infeksi yang terjadi pada daerah telinga luar atau eksternal ear. Infeksi ini biasanya disebabkan karena perawatan telinga yang tidak benar. Sudah dijelaskan tadi bahwa pembersihan telinga sebaiknya dilakukan sebulan sekali untuk mengurangi risiko infeksi pada telinga.

Labirinitis

Sama seperti namanya, labirinitis merupakan penyakit pada telinga yang menyerang labirin telinga, tepatnya di telinga bagian dalam. Faktor yang menyebabkan hal ini adalah infeksi, gegar otak hingga alergi dan gejala yang biasa ditimbul dari penyakit ini adalah mual, muntah, pendengaran berkurang hingga telinga berdengung.

Baca juga inilah obat sakit telinga tradisional paling ampuh

Nah itulah beberapa kelainan pada telinga lengkap dengan cara mengobatinya yang perlu diwaspadai.

loading...