Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

By Categories : Kesehatan

Makan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk mendapatkan energi pada tubuh. Tanpa makan dan minum manusia tidak dapat bertahan hidup. Namun terkadang sebagian orang terburu-buru saat makan karena keperluan hal. Tanpa disadari hal tersebut justru tidak baik untuk tubuh. Terdapat banyak aktivitas yang sering dilakukan setelah makan yang akan berdampak buruk untuk kesehatan. Lalu apa saja sebenarnya kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan? Berikut informasi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Berikut Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Olahraga

Aktivitas fisik berat seperti berolahraga sebaiknya jangan dilakukan setelah makan. Berolahraga setelah makan dapat mengakibatkan mual. Selain itu berolahraga setelah makan dapat mengganggu sistem pencernaan pada tubuh, sehingga beresiko perut menjadi kembung. Untuk itu bagi Anda yang ingin berolahraga setelah makan sebaiknya tunggu waktu antara 30 menit sampai 1 jam agar makanan dapat dicerna tubuh dengan baik.

Merokok

Kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan berikutnya adalah merokok. Merokok menjadi kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang setelah makan. Bahaya merokok ini jarang disadari sebagian orang bahwa berdampak buruk untuk kesehatan. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa merokok setelah makan jauh lebih berbahaya. Menghisap satu rokok saja setelah makan sebanding dengan menghisap 10 batang rokok.

Minum Teh

Kegiatan berikut yang sebenarnya tidak boleh dilakukan setelah makan adalah minum teh. Inilah yang menjadi kebiasaan orang ketika setelah makan yaitu dengan minum teh. Minum teh setelah makan sebenarnya tidak baik untuk kesehatan pencernaan tubuh. Hal itu dikarenakan teh mengandung asam cukup tinggi. Kandungan asam bisa meningkatkan kandungan protein makanan yang dikonsumsi, sehingga akan mengakibatkan tubuh sulit untuk mencernanya. Untuk menikmati teh sebaiknya satu jam setelah makan atau mencampurnya dengan air yang cukup banyak.

Tidur

Tidur setelah makan berlangsung dapat mengakibatkan berat badan berlebih. Di sisi lain tidur setelah makan justru membuat sistem pencernaan menjadi terganggu, akibatnya adalah perut menjadi kembung karena makanan yang masuk ke dalam tubuh sulit untuk dicerna. Dalam jangka waktu panjang tidur setelah makan dapat menimbulkan berbagai kerusakan pada organ tubuh di antaranya seperti organ lambung, dan juga usus.

Air Es

Minum air es sangat menyegarkan jika diminum setelah mengonsumsi makanan, terlebih lagi makanan yang dikonsumsi memiliki cita rasa pedas. Namun dibalik itu semua air es yang memiliki kesegaran ternyata tidak baik untuk pencernaan tubuh. Air es akan membekukan makanan yang dikonsumsi terutama untuk makanan yang mengandung lemak tinggi. Lemak yang membeku akan mengakibatkan penyempitan pada saluran pencernaan. Dengan begitu akan mengakibatkan kembung serta kegemukan yang tidak terkontrol dengan baik.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel menarik mengenai Cara jitu mengatasi anak susah makan.