Kedahsyatan Gunung Merapi Jogja

By Categories : Wisata

Kedahsyatan gunung merapi Jogja sudah sangat dikenal diseluruh pelosok negeri tanah air akibat keadaan gunung merapi yang sering meletus sehingga rawan memakan korban. Namun menurut catatan sejarah, letusan gunung merapi tahun 2010 silam merupakan letusan yang cukup banyak memakan korban jiwa. Kondisi letusan yang menyemburkan awan panas sangatlah berbahaya, mengingat jalur yang dilalui awan panas akan menjadi hangus seketika. Bahkan mobil yang dilalui awan panas juga akan meleleh akibat suhu awan panas yang diperkirakan berkisar 300 derajat hingga 600 derajat Celcius tersebut. Tak ayal korban pun banyak yang berjatuhan.

gunung merapi jogjakarta saat meletus

Media berita asing juga banyak yang mengkritik Indonesia terkait bencana alam merapi, yang seharusnya korban jiwa bisa diantisipasi jika warga daerah terdampak bisa dipindahkan dari wilayah yang ditetapkan dalam radius bahaya. Namun seperti kita ketahui, banyak masyarakat kita yang masih kolot dan sangat sulit untuk dipindahkan sehingga jika letusan sewaktu-waktu terjadi, kita tidak bisa menghindari jatuhnya korban.

Gunung merapi sendiri terkenal sebagai gunung teraktif yang ada di Indonesia. Gunung yang sejak tahun 1548 telah meletus sebanyak 68 kali memang memiliki siklus letusan yang cukup pendek, yaitu antara dua hingga lima tahun sekali. Gunung merapi yang terletak didaerah jawa tengah ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal akan keindahan alamnya, namun dengan kondisi gunung yang terus aktif, tentu proyek wisata yang mengandalkan gunung merapi mengalami banyak pasang surut. Selain itu, tanah di sekitar gunung merapi Jogja juga sangat subur sehingga banyak sekali hasil bumi yang bisa dipanen dari tanah tersebut. Banyak warga yang tinggal di lereng gunung merapi, dan fakta juga menunjukkan bahwa daerah lereng gung merapi juga merupakan daerah yang padat penduduk.

Ketika gunung merapi meletus, tentu eksodus besar-besaran terjadi. Banyak ribuan pengungsi segera dipindahkan ke titik-titik pengungsian yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Letusan nyata akan kedahsyatan gunung merapi yang melekat kuat dalam ingatan masyarakat adalah letusan tahun 2010. Hal ini membuat masyarakat semakin sadar akan bahaya gunung merapi, meskipun sebagian dari warga lereng merapi menanggapinya sebagai hal yang biasa. Namun dibalik itu semua, keindahan gunung merapi tidak tergantikan.

terms: gunung merapi meletus