Kebiasaan Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak

By Categories : Umum

Secara umum otak manusia perlu namanya diasah agar tetap tajam dan mampu mengingat akan sesuatu. Seperti halnya dengan pisau yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama akan menjadi tumpul. Hal inilah yang sering disebut pada otak, semakin diasah semakin tajam. Untuk mengasah kecerdasan otak hanya diperlukan beberapa cara. Kecerdasan otak dibutuhan dalam kehidupan sehari-hari, misal untuk menyelesaikan sesuatu, mendukung pekerjaan, sampai dengan mendukung aktivitas belajar bagi mereka yang masih sekolah. Kebiasaan-kebiasaan sederhana dapat mendukung kecerdasan otak tanpa disadari secara langsung. Nah di bawah ini terdapat beberapa kebiasaan sederhana untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Kebiasaan Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak

Berikut Kebiasaaan Sederhana Tingkatkan Kecerdasan Otak

Sering Membaca Buku

Kebiasaan sederhana tingkatkan kecerdasan otak yang pertama adalah dengan sering membaca buku. Sering membaca merupakan salah satu proses dari belajar. Terdapat banyak manfaat yang bisa diambil dari proses membaca. Apalagi dengan sering membaca akan mampu memperluas pengetahuan seseorang dan meningkatkan kecerdasan pada otak tanpa disadari secara langsung. Di sisi lain membaca membantu seseorang meningkatkan daya konsentrasi untuk membantu menyelesaikan permasalahan.

Bermain Teka-Teki

Untuk yang kedua adalah dengan bermain teka-teki. Poin yang dimaksud bermain teka-teki adalah, misal dengan menjawab teka-teki silang melalui media cetak. Mengisi teka-teki dibutuhkan daya pikir agar dapat menjawab dan menemukan setiap jawaban yang ada. Dengan membiasakan hal ini maka otak akan terlatih untuk berpikir, sehingga membantu untuk meningkatkan kecerdasan secara tak langsung. Namun banyak hal yang bisa dilakukan selain bermain teka-teki, misal saja bermain rubik 3 x 3 maupun 4 x 4 juga akan membantu meningkatkan daya pikir yang berhubungan dengan kecerdasan otak.

Mengonsumsi Makan Makanan yang Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi sangat berperan penting untuk membantu tingkat kecerdasan otak pada seseorang. Selain dengan membaca maupun hal lainnya, konsumsi makanan bergizi sangat diperlukan untuk mendukung. Makanan bergizi dapat diambil dari buah-buahan, sayur-sayuran, serta sumber makanan hewani seperti ikan salmon yang mengandung omega 3 dan juga daging. Oleh sebab itu konsumsi makanan bergizi dan kurangi makanan cepat saji.

Tidur yang Cukup

Kebiasaan sederhana tingkatkan kecerdasan otak yang keempat adalah dengan tidur yang cukup. Otak memerlukan waktu beristirahat agar dapat bekerja maksimal di esok hari. Tidak hanya otak saja yang memerlukan istirahat, melainkan juga tubuh seseorang. Istirahat yang cukup sebaiknya dilakukan 8 jam setiap harinya. Cara sederhana ini cukup membantu untuk meningkatkan kecerdasan pada otak.

Dengan Cara Bermeditasi

Cara yang kelima atau yang terakhir adalah dengan bermeditasi. Banyak manfaat yang bisa diambil dari bermeditasi seperti meningkatkan kemampuan daya pikir, meningkatkan konsentrasi, dan melatih menyelesaikan segala sesuatu dengan tenang. Akibat dari melakukan meditasi juga bermanfaat untuk mental seseorang agar lebih stabil.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kebiasaan sederhana tingkatkan kecerdasan otak yang perlu diketahui. Selain cara di atas, rajin berolahraga turut membantu mendukung dalam meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kebugaran tubuh.