Ke Makassar, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Khas Makassar Berikut Ini

By Categories : Makanan

Saar berlibur ke suatu daerah salah satu agenda yang wajib untuk dilakukan adalah mengungjungi tempat wisata yang ada di sana dan membeli oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Salah satunya yaitu Makassar. Makassar sendiri adalah Ibukota Sulawesi Selatan. Salah satu tempat wisata di Makassar yang paling terkenal dan populer adalah Trans Studio Makassar. Namun tak hanya itu saja, ketika ke Makassar pasti belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas khas Makassar dan membeli oleh-oleh khas kota tersebut. Bagi Anda yang masih bingung memilihnya, berikut adalah oleh-oleh khas Makassar paling terkenal.

Kopi Toraja

Daftar oleh-oleh dari Makassar paling terkenal

Kopi Toraja

Bagi Anda pecinta kopi, membeli Kopi Toraja ketika mengunjungi Makassar adalah pilihan yang tepat. Kopi Toraja memiliki aroma yang sangat kuat. Hal inilah yang membuat kopi Toraja disukai oleh semua orang. Kopi Toraja juga memiliki beberapa jenis, yaitu Arabica, Robusta dan campuran dari keduanya. Selain itu, kemasan dari kopi ini juga sangat unik, ada yang dibungkus dengan menggunakan kotak kayu, plastik ataupun hanya dengan menggunakan karton.

Kacang Sembunyi

Jika oleh-oleh khas Bali ada Kacang disko, di Makassar ada kacang sembunyi yang sering diburu untuk oleh-oleh. Kacang sembunyi sendiri adalah cemilan yang berbahan kacang tanah yang dibalut dengan kulit tepung terigu. Makanan ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti molen. Rasanya yang enak dan gurih, dapat memanjakan lidah Anda ketika memakannya.

Sirup DHT

Oleh-oleh khas Makassar selanjutnya adalah sirup DHT. Sirup DHT adalah salah satu sirup favorit  dari Makassar. Sirup ini sudah berpuluh-puluh tahun digunakan untuk menambahkan rasa manis dan pewarna pada pisang ijo. Sirup ini juga tersedia dalam berbagai macam ukuran. Jika tertarik menjadikannya sebagai oleh-oleh, sebaiknya pilihlah sirup DHT yang kemasan plastik. Selain sirup DHT, sirup lainnya yang sering  dijadikan oleh-oleh adalah sirup markisa cap Bola Dunia.

Minyak tawon

Berikutnya adalah minyak tawon. Meskipun minyak gosok yang satu ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai macam daerah, akan tetapi membeli minyak tawon langsung dari kota aslinya tentu saja lebih  menarik. Minyak ini memiliki berbagai macam khasiat, mulai dari untuk mengatasi pegal-pegal, bisul, gatal ataupun karena digigit serangga.

Dangke

Dangke adalah makanan dan sekaligus oleh-oleh khas Makassar yang terbuat dari fermentasi susu kerbau. Jika belum terbiasa mengonsumsinya, rasanya memang aneh. Meskipun begitu, makanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Cara terbaik untuk menikmati dangke adalah dengan nasi hangat ataupun dengan menggunakan sambal.

Kerupuk jintan

Jintan biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun tak hanya itu saja, jintan hitam juga sering digunakan untuk membuat makanan, salah satunya yaitu kerupuk jintan. Makanan yang satu ini terbuat dari margarine, tepung terigu, soda kue, telur dan juga jintan hitam. Meskipun memiliki tekstur yang cukup keras, akan tetapi rasa dari makanan ini juga sangat lezat dan patut dicoba.

Demikianlah ulasan mengenai oleh-oleh khas Makassar paling terkenal. Selain itu, saat berkunjung ke Makassar Anda juga jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Ibu kota Sulawesi Selatan ini. Berikut beberapa makanan khas Makassar yang perlu Anda coba.

Makanan khas Makassar

  • Coto Makassar. Ini merupakan salah satu makanan tradisional Makassar berupa soto. Makanan ini terbuat dari daging atau jeroan sapi yang direbus hingga empuk. Daging tersebut diiris serta dibumbui dengan bumbu racik yang terdiri dari bawang putih, lengkuas, kacang tanah, air jeruk, merica, sangrai, dan penyedap rasa. Yang membedakan makanan ini dengan soto pada umumnya adalah adanya racikan kacang tanah yang disangrai.
  • Pallu basa. Kuliner asli Makassar ini berupa sop dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi. Pallu basa hampir miri[ dengan coto, yang membedakan adalah kuah yang disajikan pallu basa berupa campuran santan dan kelapa parut dengan aroma yang khas. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan nasi. Sedangkan coto menggunakan ketupat. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kuning telur ayam kampung di atasnya.
  • Mie Titi. Selain oleh-oleh khas Makassar, Mie titi juga merupakan salah satu yang menjadi daya tarik para wisatawan saat berkunjung ke Makassar. Makanan ini terbuat dari mie goreng kering yang disiram dengan kuah kental dari adonan telur serta sayuran hijau. Biasanya mie titi disajikan dengan menggunakan bahan pelengkap seperti sosis, udang, ayam, dan lain-lain.
  • Sop Konro. Makanan khas Makassar ini memang cukup lezat karena terbuat dari iga sapi. Dalam bahasa Makassar, konro berarti iga. Sop ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kapu laga, kayu manis, kemiri, asam jawa, jinten, dan ketumbar. Penggunaan rempah-rempah tersebut menciptakan citarasa yang kuat.

Baca juga oleh-oleh khas Surabaya paling terkenal