Kapal Perang Tercanggih di Dunia Saat Ini

By Categories : Teknologi

Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai beberapa tank tercanggih di dunia saat ini, pada kesempatan kali ini beralih membahas mengenai beberapa kapal perang tercanggih di dunia. Untuk mengamankan wilayah maritime sebuah negara membutuhkan kapal perang yang telah dipersenjatai lengkap untuk mengamankan wilayah.

Kelas Izumo (Jepang)

Memiliki kapal perang besar dan canggih menjadi simbol kekuatan militer pada suatu negara. Berbagai jenis kapal dibuat oleh perusahaan-perusahaan di berbagai negara. Kapal induk serta kapal jelajah dilengkapi dengan berbagai rudal serta dapat menampung banyak pesawat di dalamnya. Bahkan tak jarang kapal tersebut mengunakan sumber tenaga dari nuklir. Lalu apa saja kapal perang tercanggih di dunia saat ini? Simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Kapal Perang Tercanggih di Dunia Saat Ini

Kelas Izumo (Jepang)

Kelas Izumo menjadi andalan oleh Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang. Kapal ini dilengkapi dengan berbagai senjata canggih seperti rudal jarak dekat, rudal permukaan ke udara yang berguna sebagai pertahanan udara. Selain itu kapal ini mampu menampung sebanyak 14 helikopter yang digunakan untuk melacak keberadaan kapal selam, membawa sebanyak 970 personel dengan lusinan kendaraan darat.

Kelas Charles de Gaulle (Prancis)

Kapal perang tercanggih berikutnya adalah Kelas Charles de Gaulle (Prancis). Kapal ini menjadi andalan utama oleh Perancis dengan mengandalkan tenaga nuklir. Kelas Charles de Gaulle pertama kali ditugaskan pada tahun 2001 sampai saat ini dengan dilengkapi berbagai senjata rudal serta mampu membawa 40 pesawat. Berkat tenaga nuklir membuat Kelas Charles de Gaulle mampu berlayar selama 20 tahun tanpa mengisi bahan bakar lagi.

Kelas Admiral Kuznetsov (Rusia)

Kapal perang tercanggih berikutnya adalah Kelas Admiral Kuznetsov (Rusia). Kapal induk ini juga dilengkapi dengan berbagai senjata berat seperti rudal jarak jauh anti kapal, rudal dari permukaan ke udara, sampai dengan senjata anti kapal selam. Kelas Admiral Kuznetsov yang digunakan Angkatan Laut Rusia ini mampu membawa lebih dari 30 pesawat dan juga lusinan helikopter.

Kelas Admiral Kuznetsov (China)

Pada dulunya Kelas Admiral Kuznetsov belum pernah dioperasikan oleh Uni Soviet karena belum selesai dalam masalah konstruksi. Setelah runtuh Uni Soviet, kapal yang dibangun di Ukraina, secara otomatis menjadi milik Ukraina. Kemudian pada tahun 1998 kapal dengan peralatan yang telah dilucuti ini dibeli China dengan harga USD 25 juta. Pada tahun 2012 kemarin kapal induk ini diberi nama Liaoning. Dengan proses modifikasi kapal ini telah menjadi andalan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China dengan berbagai senjata seperti rudal anti pesawat, rudal kapal selam, serta mampu membawa 30 pesawat.

Kelas Nimitz (AS)

Kelas Nimitz (AS) menjadi andalan Angkatan Laut Amerika Serikat yang menjadi kapal induk terbesar di dunia saat ini dengan teknologi canggih di dalamnya. Kapal perang ini juga menggunakan nuklir sebagai bahan bakar utamanya. Kelas Nimitz (AS) memiliki berat sekitar 100.000 ton mampu membawa pesawat sampai dengan 90 dengan berbagai jenis serta dipersenjatai dengan berbagai rudal yang berguna untuk menyerang pesawat musuh.

Demikianlah tadi beberapa kapal tercanggih di dunia saat ini yang menjadi andalan beberapa negara maju di dunia. Baca juga artikel mengenai Negara dengan pasukan militer terbesar di dunia.

terms: kapal perang tercanggih di dunia saat ini, pesawat tercanggih di dunia saat ini