Kandungan Nutrisi dan Manfaat kacang Mete Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Jika sebelumnya kita telah membahas menganai jenis kacang yang bagus untuk diet, pada kesempataan kali ini kita akan mengulas mengenai manfaat kacang mete bagi kesehatan. Kacang mete atau cashew nuts merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dihasilkan dari buah pohon jambu monyet atau yang sering disebut dengan jambu mete. Jambu yang memiliki bentuk sangat unik seperti lonteng ini merupakan tamanan yang asli berasal dari hutan amazon, yang sekarang ini telah tersebar di seluruh dunia salah satunya di negara Indonesia.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat kacang Mete Bagi Kesehatan

Sedangkan untuk kacang mete itu sendiri adalah bagian dari biji buah jambu mete yang bertekstur keras yang berada di luar bagian dari buahnya. Kacang mete ini juga salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nurtisi di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi kacang mete diantaranya adalah mengandung zat besi, sosfor, selenium, magnesium, antioksidan dan protein yang dapat memberikan manafaat bagi kesehatan seperti berikut ini !

Inilah Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan

Membantu Mencegah Kanker

Manfaat kacang mete bagi kesehatan yang pertama adalah dapat membantu mencegah kanker. Kacang mete merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung proanthocyanidins, yang merupakan jenis flavanol yang telah terbukti ampuh mencegah produksi sel kanker dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, menurut hasil studi menyatakan kacang mete juga memiliki kadar tembaga yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan sekaligus sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan hanya kandungan kalsium saja yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, tapi kandungan magnesium pun juga sangat dibutuhkan. Sumber magnesium tersebut dapat dengan mudah di dapatkan dengan cara memanfatkan kacang mete. Manfaat kacang mete yang satu ini memang sudah sangat dikenal sejak dulu, dimana sering kali direkomendasikan sebagai salah satu cemilan yang sangat baik untuk memberikan subtansi dan flesksibiltas dalam tulang dan sendi.

Mengontrol Berat Badan

Seperti  penjelasan pada artikel sebelumnya, kacang mete termasuk kacang-kacangan yang sangat bagus untuk diet. Meskipun kacang mete memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, namun lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak yang baik (HDL). Oleh karena itulah kacang mete sangat berfungsi untuk mengontrol berat badan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kacang mete yang terakhir adalah bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kacang mete memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang memiliki kaitan dengan produksi sel otak. Sedangkan fungsi otak sendiri bergantung pada kedua jenis lemak ini, maka dengan mengonsumis kacang mete kedua kandungan lemak tersebut akan terpenuhi.

terms: manafaat kacang mete