Kandungan Gizi Wortel Lengkap dengan Manfaat

By Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan wortel? Pasti semua orang pernah mengonsumsi wortel. Wortel merupakan salah satu sayuran yang keberadaannya sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Wortel disebut-sebut sebagai salah satu sumber vitamin A terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan organ mata. Namun asal Anda tahu, bahwa wortel ternyata menyimpan banyak manfaat tersembunyi untuk tubuh.

Kandungan Gizi Wortel Lengkap dengan Manfaat

Selain itu kandungan gizi yang terdapat pada wortel tidak hanya vitamin A saja, melainkan juga beberapa nutrisi lainnya. Meskipun sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, mengonsumsi wortel secara berlebihan tidak dianjurkan. Wortel biasa dikonsumsi dengan cara diolah ke dalam beberapa menu makanan atau diolah menjadi minuman jus segar. Pada pembahasan kali ini mengenai kandungan gizi wortel beserta manfaatnya.

Berikut Kandungan Gizi Wortel Lengkap dengan Manfaat

Berdasarkan departemen pertanian Amerika di dalam ½ cangkir wortel yang telah dicincang terdapat sekitar 25 kalori, 3 gram gula, 6 gram karbohidrat, dan juga 1 gram protein. Selain itu sayur wortel juga menyediakan sekitar 210 persen vitamin A dari kebutuhan orang dewasa setiap harinya. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C sekitar 6 persen, 2 persen kalsium, dan juga 2 persen zat besi setiap porsinya.

Sayuran ini mengandung antioksidan beta karoten yang membuat wortel memiliki warna terang. Beta karoten diserap di dalam usus yang akan diubah menjadi vitamin A dalam proses pencernaan. Sementara untuk mineral dan vitamin lainnya yang terdapat di dalam wortel seperti serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E, serta seng yang semuanya dibutuhkan tubuh. itulah tadi kandungan gizi wortel, lalu apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Sayur Wortel

Menjaga kesehatan mata. Wortel yang mengandung beta karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam hati. Vitamin A tersebut akan ditranformasikan pada retina sehingga akan membantu kesehatan mata. Selain itu beta karoten juga dapat melindungi serta degenerasi makula serta katarak yang sering terjadi pada seseorang yang berusia lanjut.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi wortel dapat mencegah masuknya virus berbahaya ke dalam tubuh. Seperti pada penjelasan di atas bahwa wortel mengandung antioksidan yang berperan dalam mencegah radikal bebas.

Membantu dalam mengurangi resiko kanker. Manfaat wortel berikutnya adalah membantu dalam mengurangi resiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi wortel 2 kali dalam sehari mampu membantu menurunkan resiko penyakit kanker payudara. Penelitian ini menunjukkan pula bahwa wortel dapat mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru dan juga kanker usus besar. Para peneliti menemukan zat yang disebut falcarinol yang merupakan salah satu zat antikanker.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai kandungan gizi wortel lengkap dengan manfaatnya. Manfaat lain dari wortel adalah membantu menjaga kesehatan kulit, dikarenakan kandungan vitamin A dan zat lain yang menjaga kesehatan kulit.

terms: wortel mengandung vitamin berapa persen