Kandungan Gizi Pada Kedelai Lengkap dengan Manfaatnya

By Categories : Kesehatan

Bagi mereka yang tergolong vegetarian mengonsumsi kacang kedelai dapat menggantikan daging. Kedelai merupakan salah satu sumber makanan nabati yang mengandung sejumlah nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Kacang kedelai biasa dimanfaatkan dalam bentuk produk susu kedelai, tahu, pembuatan tempe, kacang, saus, dan juga tepung.

Kedelai sangat mudah ditemui di Asia Timur yang merupakan sejenis kacang. Kedelai sering dianggap sebagai sumber protein meningat kedelai mengandung asam amino esensial. Di Cina dan Jepang masyarakatnya banyak mengonsumsi kedelai, sehingga lebih kecil terkena resiko serangan jantung, pengeroposan tulang (osteoporosis), dan juga kelenjar prostat. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kandungan gizi pada kedelai serta manfaatnya, simak pembahasannya di bawah ini!

Kandungan Gizi Pada Kedelai Lengkap dengan Manfaatnya

Berikut Kandungan Gizi pada Kedelai beserta Manfaatnya

Kedelai mengandung lemak sekitar 19 persen yang sebagian besarnya adalah lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh di dalam kedelai adalah asam lemak omega 3 dan juga asam linolenat. Selain mengandung lemak tak jenuh kacang kedelai mengandung protein cukup tinggi. Kandungan protein di dalam kedelai tergolong sebagai protein nabati yang baik untuk pencernaan tubuh.

Kandungan protein yang tinggi di dalam kedelai membantu membangun sel dalam tubuh, sehingga baik untuk proses pertumbuhan pada anak. Lechitin juga turut terdapat di dalam kedelai. Lechitin mampu menghasilkan senyawa choline yang berfungsi sebagai metabolisme tubuh. Senyawa tersebut membantu dalam melindungi organ hati serta organ tubuh lain.

Disamping mengandung asam lemak tak jenuh, lechitin dan protein, kedelai juga mengandung serat dan kalsium. Untuk kandungan serat lebih banyak terdapat kedelai yang belum diolah menjadi produk seperti susu kedelai dan tempe. Sementara kalsium kedelai lebih baik ketimbang sumber kalsium dari jenis kacang lainnya. Lalu apa saja manfaat yang dimiliki dari kedelai, simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Kedelai untuk Tubuh

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Laboratory Kedelai di University of Illinois menyatakan bahwa minyak kedelai tidak mengandung kadar kolesterol. Seperti pada penjelasan di atas bahwa kedelai mengandung dua asam lemak ganda yakni asam lemak omega 3 dan juga asam linolenat. Dengan kandungan di dalamnya kedelai membantu dalam menurunkan tekanan dalam darah serta mengurangi resiko penyakit jantung.

Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kedelai berikutnya adalah membantu sistem pencernaan pada tubuh. Kandungan serat pada kedelai membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Dengan begitu menghindarkan seseorang dari masalah pada pencernaan seperti sembelit. Selain itu kacang kedelai sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Membantu Meningkatkan Kualitas Otak

Kandungan lesitin yang terdapat di dalam kedelai membantu dalam mencegah penyakit Alzheimer. Selain itu kedelai juga mengandung pitosterol yang berguna untuk membantu memperkuat sel saraf.

Mencegah Osteoporosis

Kedelai mengandung isoflavon yakni zat yang mempunyai struktur kimia yang mirip dengan estrogen. Untuk menjaga kesehatan tulang memang sebaiknya dilakukan sejak dini dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium. Ini dikarenakan banyaknya masalah pada tulang. Selama masa menopause kadar estrogen dalam tubuh mengalami penurunan. Untuk membantu mencegah terjadinya osteoporosis, Anda dapat mengonsumsi kedelai dalam bentuk olahan misal saja susu kedelai. Selain baik untuk kesehatan tulang, kedelai juga baik untuk kesehatan kulit.

Membantu dalam Memerangi Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh seperti kanker, dan penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung. Untuk mencegah radikal bebas diperlukan zat antioksidan yang bisa didapatkan pada sumber makanan. Kedelai mengandung zat isoflavon yang merupakan senyawa baik untuk membantu memperbaiki sel pada tubuh yang rusak akibat dari radikal bebas di udara. Bagi mereka yang sering beraktivitas di luar rumah sebaiknya mengonsumsi sumber makanan ini. Selain kedelai adapula buah alpukat yang mengandung antioksidan tinggi.

Memberikan Efek Baik untuk Diabetes

Manfaat kedelai berikutnya adalah memberikan efek baik untuk diabetes. Bagi mereka penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan. Pola hidup sehat menjadi cara terbaik yang harus dilakukan bagi para penderita diabetes. Kedelai mengandung serat dan protein yang membantu dalam mengatur kadar gula di dalam darah. Nah untuk itu ada baiknya jika mengonsumsi kedelai sesuai dengan kebutuhan untuk memberikan efek positif.

Membantu dalam Menjaga Berat Badan

Untuk manfaat yang satu ini disebabkan karena kedelai mengandung kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat alami di dalam kedelai berguna untuk mengatur berat badan pada tubuh. Ini merupakan indeks glisemik rendah sumber makanan yang membantu dalam mengatur fluktuasi insulin dan juga gula dalam darah. Dengan begitu bagi mereka yang mengonsumsi kedelai mampu mengontril rasa lapar berlebih. Sehingga sangat cocok pada proses menurunkan berat badan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan gizi pada kedelai lengkap dengan manfaatnya.

Loading...