Kandungan Gizi Jagung Manis Lengkap dengan Manfaatnya

By Categories : Makanan

Jagung manis merupakan salah satu bahan makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat. Jagung manis sering diolah menjadi aneka cemilan, untuk membuat bakwan, maupun dijadikan sebagai bahan tampahan ke dalam menu makanan. Rasanya yang manis menjadi ciri khas jagung manis ketimbang jagung biasa.

Jagung manis memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terkandung di dalam jagung manis sudah terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi. Namun untuk mengonsumsi sebaiknya jangan terlalu berlebihan melainkan sesuai dengan kebutuhan. Lalu apa saja kandungan gizi jagung manis? Dan apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Yuk simak pada pembahasannya di bawah ini!

Kandungan Gizi Jagung Manis

Berikut Kandungan Gizi Jagung Manis beserta Manfaatnya

Kandungan Gizi Jagung Manis

Di dalam jagung manis mengandung sejumlah kandungan nutrisi seperti asam folat, karbohidrat, protein, kolesterol, serat, kalium, mineral, tembaga, sodium, kalsium, zat besi, magnesium, selenium, mangan, karoten, zinc, niacin, dan juga energi. Sementara untuk vitamin yang terkandung dalam jagung manis diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Semua kandungan gizi jagung manis tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat yang dimiliki jagung manis?

Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu Mengatasi Anemia

Jagung manis sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh yakni dalam membantu mengatasi anemia atau kekurangan darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa seseorang yang mengonsumsi jagung manis secara teratur mampu membantu dalam meningkatkan hemoglobin sampai dengan 50 persen. Ini dikarenakan jagung manis mengandung asam folat yang berperan dalam mengatasi anemia.

  • Membantu dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya adalah membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Jagung manis juga mengandung sejumlah vitamin C di dalamnya. Vitamin C yang terkandung di dalam jagung manis sangat berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

  • Membantu Kesehatan Pencernaan Tubuh

Jagung manis merupakan sumber terbaik untuk serat. Hal ini terbukti bahwa di dalam 100 gram biji jagung manis mengandung 2 gram atau sekitar 5 persen kebutuhan serat makanan setiap harinya. Dengan mencukupi makanan yang mengandung serat membuat sistem pencernaan tubuh lebih sehat serta menghindarkan dari gangguan sistem pencernaan seperti sembelit.

  • Membantu dalam Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Berikutnya adalah membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung yang bisa disebabkan karena kadar kolesterol yang tak terkontrol.

  • Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru

Berdasarkan penelitian baru menyatakan bahwa jagung manis mengandung zat kimia alami yang disebut dengan cryptoxanthin. Kandungan kimia alami tersebut berperan dalam mencegah penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru. Ketika kandungan tersebut diserap oleh tubuh akan berubah jadi vitamin A yang juga bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan penglihatan mata.

Nah demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan gizi jagung manis lengkap dengan manfaatnya yang bisa Anda ketahui.

Loading...