Kandungan Gizi Ikan Lele Lengkap dengan Manfaat

By Categories : Makanan

Ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang dapat mudah ditemui di pasaran. Ikan lele dalam bahasa latin disebut dengan Clarias ini banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Ikan ini banyak dikonsumsi berkar rasa dagingnya yang gurih serta memiliki sedikt duri. Ikan lele biasa diolah dengan cara di bakar ataupun di goreng dengan sambal dan lalapan.

Kandungan Gizi Ikan Lele Lengkap

Harganya yang cukup terjangkau ketimbang jenis ikan lain juga turut menjadi alasan banyak orang menyukai jenis ikan ini. namun tahukah Anda bahwa ikan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dengan kandungan gizi di dalamnya. Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja kandungan gizi ikan lele dan apa saja manfaatnya? Di bawah terdapat penjelasan yang dapat Anda ketahui.

Berikut Kandungan Gizi lengkap dengan Manfaatnya

Ikan Lele Kaya akan Protein

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang mengandung protein hewani cukup tinggi. di dalam 1 ekor ikan lele dengan ukuran sedang terdapat sekitar 15,6 gram protein hewani di dalamnya. Jumlah tersebut sudah cukup membantu dalam menyuplai asupan protein di dalam tubuh. Bagi mereka yang memiliki tubuh ideal dan berotot mengonsumsi ikan lele menjadi salah satu solusi yang tepat. Di dalam protein ikan lele terdapat semua asam amino esensial lisin, leusin, dan juga metionin. Kadar protein ikan lele lebih tinggi dibandingkan dengan protein pada daging dan susu.

Ikan Lele Kaya akan Fosfor

Kandungan gizi ikan lele berikutnya adalah kandungan fosfor yang mencapai 168 gram per 100 gramnya. Kandungan fosfor ini lebih tinggi dibandingkan yang terdapat di telur yang hanya mengandung 100 mg. Fosfor sangat berguna dalam memberikan energi serta kekuatan dalam metabolisme pati dan lemak. Dengan begitu kandungan tersebut menjadi penunjang gigi, tulang, dan gusi.

Ikan lele Kaya akan Omega 3

Kandungan di dalam ikan lele berikutnya adalah omega 3 dan omega 6. Kandungan tersebut dapat ditemukan di dalam ikan salmon. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ jantung serta otak manusia. Oleh sebab itu ikan lele baik untuk anak-anak dalam membantu perkembangan otak anak.

Ikan Lele Mengandung Kalium

Perbandingan kandungan kalium dan natrium di dalam ikan lele mencapai angka 24,5 : 1 yang tergolong cukup tinggi. Dengan perbandingan cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan organ jantung serta pembuluh darah dalam tubuh. Salah satu syarat pada makanan yang baik untuk kesehatan jantung adalah dengan perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5 dibanding 1. Fungsi kalium diantaranya membantu mengontrol tekanan darah, membantu membersihkan karbondioksida di dalam darah, melancarkan keseimbangan cairan dalam tubuh, dan banyak lagi.

Ikan Lele Rendah Lemak

Kandungan gizi ikan lele berikutnya adalah rendah akan lemak. Lemak yang terkandung di dalam ikan lele merupakan lemak yang bersifat sederhana seperti trigliserida netral. Karena ikan lele rendah akan lemak, maka kandungan kolesterol di dalam lele dapat ikut tertekan. Lemak yang rendah paling banyak pada perut si ikan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan gizi ikan lele lengkap dengan manfaatnya.