Kandungan Gizi Brokoli beserta Manfaatnya

By Categories : Kesehatan

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Untuk membantu pertumbuhan anak, sering kali para ibu menambahkan sayuran hijau tersebut ke dalam menu makanan. Brokoli memang tidak memiliki rasa selezat sayuran lainnya. Namun jangan salah sangka dahulu, karena sayuran ini memiliki banyak manfaat yang bisa diambil untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi sang ibu jika anak susah untuk disuruh mengonsumsi brokoli, sebaiknya diperlukan variasi menu makanan dengan menambahkan brokoli. Brokoli memiliki kandungan gizi cukup banyak. Semua nutrisi yang terkandung di dalam brokoli semuanya baik untuk kesehatan tubuh. Nah untuk mengetahui apa saja kandungan gizi brokoli dan apa saja manfaatnya? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Kandungan Gizi Brokoli beserta Manfaatnya

Berikut Kandungan Gizi beserta Manfaatnya

Kandungan Gizi Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Nutrisi-nutrisi tersebut diantaranya kalori, serat, protein, fosfor, zat besi, karbohidrat, asam lemak omega-3, kalium, zinc, magnesium, dan juga lemak. Sementara untuk vitamin yang terdapat pada brokoli diantaranya seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B5, dan banyak lagi. Kandungan gizi brokoli tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi asupan setiap harinya. Sementara untuk manfaatnya dapat Anda ketahui pada penjelasan berikut ini.

Manfaat Sayur Brokoli

  • Baik untuk Kesehatan Pencernaan Tubuh

Brokoli mengandung kandungan yang disebut sulforaphane yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan seperti maag sampai dengan infeksi lambung. Selain itu brokoli juga mengandung serat yang juga baik untuk sistem pencernaan tubuh.

  • Sebagai Sumber Antioksidan

Seperti pada penjelasan di atas, salah satu vitamin yang terkandung di dalam brokoli adalah vitamin C. Vitamin C sangat berperan penting untuk mencegah gusi berdarah dan sariawan. Selain itu vitamin C juga berperan untuk menjaga sistem imun tubuh serta sebagai sumber antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas.

  • Membantu Kesehatan Jantung

Manfaat brokoli berikutnya adalah membantu kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute for Food Research di Norwich, Inggris menyatakan bahwa brokoli mengandung senyawa yang disebut dengan glucoraphanin yang diyakini baik dalam membantu kesehatan jantung.

  • Membantu dalam Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat brokoli berikutnya adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Kandungan potasium yang terdapat di dalam brokoli sangat berperan untuk membantu mengontrol tekanan darah pada tubuh. Untuk itu mereka yang memiliki riwayat darah tinggi ada baiknya untuk mengonsumsi brokoli.

  • Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Brokoli mengandung serat cukup tinggi yang bisa digunakan pula dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentunya sangat cocok bagi mereka yang tengah menjalankan program diet. Selain mengandung serat brokoli juga mengandung nutrisi lainnya yang berperan di dalamnya seperti mineral, vitamin, dan juga rendah lemak dan kalori.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai kandungan gizi brokoli beserta manfaat yang bisa Anda ketahui. Baca Juga Game Memasak Nasi Goreng Spesial di Android