Kandungan Gizi Beras Merah lengkap dengan Manfaatnya

By Categories : Kesehatan

Beras merah sering digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang digunakan untuk menurunkan berat badan. Selain sebagai makanan untuk membantu diet, beras merah juga sering dijadikan pilihan bagi mereka penderita diabetes. Beras merah termasuk makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya.

Melihat kandungan gizi dari beras merah, tak heran jika masyarakat Indonesia menjadikan beras merah sebagai makanan pokok selain beras putih. Meskipun begitu nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak ketimbang nasi merah. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja kandungan gizi beras merah dan apa saja manfaatnya? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Kandungan Gizi Beras Merah

Berikut Kandungan Gizi Beras Merah beserta Manfaatnya

Sebagai salah satu makanan pokok beras merah memberikan pasokan energi bagi tubuh bagi mereka yang mengonsumsinya. Di dalam 1,5 cangkir beras merah yang telah dimasak mengandung kurang lebih 110 kalori. Kandungan beras merah tersebut membentuk persentase sebagai berikut kandungan karbohidrat 85 persen, serat 7 persen, vitamin B, magnesium, fosfor, kalsium, dan juga kalium. Untuk manfaat dari beras merah dapat Anda ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Beras Merah

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Seperti pada penjelasan di awal tadi bahwa beras merah sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Tak heran jika banyak dari mereka yang memanfaatkan beras merah sebagai makanan pembantu diet. Beras merah rendah kalori yang sangat efektif dalam mencegah perut buncit. Selain itu karbohidrat komplek yang terkandung di dalam beras merah memberikan energi pada tubuh yang membuat tubuh tidak cepat lapar.

Membantu dalam Menurunkan Kadar LDL (Kolesterol Jahat)

Manfaat beras merah berikutnya adalah berperan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat mencoba mengonsumsi beras merah. Selain itu beras merah juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Seperti makanan lainnya, beras merah juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Untuk itu mulailah mengonsumsi beras merah untuk menjaga sistem pencernaan serta mengatasi permasalahan seputar pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Membantu Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Beras merah baik untuk penderita diabetes. Ini disebabkan karena beras merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi ditambah dengan kalori yang lebih rendah ketimbang beras putih. Oleh sebab itu beras merah cocok untuk penderita diabetes maupun mereka yang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium yang terkandung di dalam beras merah berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Magnesium merupakan salah satu zat yang mengandung vitamin D dan juga kalsium.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kandungan gizi beras merah lengkap dengan manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Untuk manfaat lainnya adalah sebagai sumber antioksidan alami yang berperan dalam menangkal radikal bebas. Baca Juga Manfaat Buah Bit  bagi Kesehatan Tubuh

Loading...