Kaki Sering Kesemutan? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Hampir semua orang pernah mengalami kesemutan, baik dibagian tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Namun perlu Anda ketahui jika bagian tubuh yang paling sering mengalami kesemutan adalah kaki. Biasanya orang akan mengalami kaki sering kesemutan saat duduk, kaki tertindih, atau bersila terlalu lama. Kesemutan dalam hal ini adalah normal karena tekanan yang terjadi pada pembuluh darah dan saraf. Sehingga saat kaku Anda diluruskan maka kesemutan akan segera hilang.

Namun jika Anda mengalami kaki sering kesemutan tanpa penyebab yang sudah dijelaskan tadi maka Anda perlu waspada karena ada beberapa penyakit yang menjadi penyebabnya. Jadi Anda harus memperhatikan bagian kaki mana yang sering mengalami kesemuatan, apakah kedua kaki atau hanya salah satu, bagian telapak kaki, ujung jari-jari, jempol kaki atau bagian lainnya. Serta gejala apa yang menyertai, misalnya rasa sakit pada paha hingga kaki, rasa kebas, atau lainnya. Informasi tersebut sangat berguna bagi dokter agar mudah mendiagnosa kaki kesemutan yang Anda alami.

Kaki Sering Kesemutan

Penyebab kaki sering kesemutan dan cara mengatasinya

  1. Diabetes

Umumnya kesemutan terjadi pada bagian ujung jari kaki. Disertai dengan sering buang air kecil, terutama ketika malam hari, sering merasa haus dan lapar, badan mudah lemas. Penyebab kaki sering kesemutan disertai gejala tersebut berarti Ana terkena diabetes. Hal ini karena gula darah yang terlalu tinggi sehingga dapat merusak saraf-saraf tepi. Untuk mengatasinya adalah Anda harus mengontrol gula darah, rutin berolahraga, dan mengonsumsi suplemen vitamin neutropik.

  1. Saraf terjepit

Kaki sering kesemutan akibat saraf kejepit terjadi di bagian tertentu misalnya sciaticaa, dimana terjadi jepitan pada saraf sciatic yang berada diantara pinggul dan tungkai kaki. Untuk mengatasinya maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter, melakukan fisioterapi, dan terapi berupa obat-obatan.

  1. Malnutrisi

Gejala kaki kesemutan yang disebabkan oleh malnutrisi ialah kesemutan pada bagian kaki. Namun gejala dibetes yang sudah dijelaskan di atas tidak dialami. Malnutrisi ini merupakan kekurangan vitamin B, terutama adalah B1, B6, dan B12. Cara mengatasi kaki sering kesemutan akibat malnutrisi adalah mengonsumsi suplemen vitamin  B kompleks.

  1. Penyakit Peripheral arteri

Ini merupakan penyakit yang menyebabkan penyempitan dan penyumbatan arteri akibat terjadi penumpukan lemak dan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Akibat yang terjadi adalah aliran darah pada kaki kurang lancar dan terhambat sehingga saraf kurang oksigen dan timbullah kesemutan pada kaki.

  1. Herpes zoster

Kaki sering kesemutan juga terjadi akibat reaktivasi virus varicella-zoster. Kesemutan ini disertai dengan rasa sakit pada daerah tertentu dan muncul ruam dan lepuhan di kulit. Untuk mengatasinya adalah Anda perlu mengonsumsi obat anti virus dan anti nyeri dengan menggunakan resep dokter.

baca juga Penyebab Tangan Kesemutan dan Cara Mengatasinya

loading...