Jumlah Penduduk Indonesia 2014

By Categories : Umum

Jumlah Penduduk Indonesia yang tinggi bisa menjadi keuntungan karena tersedianya banyak tenaga kerja tetapi bisa menjadi bumerang jika tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi.

jumlah penduduk di Indonesia 2014Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Fasli Jalal pada 30 april 2014 menyampaikan salah satu isu kependudukan yakni besarnya jumlah penduduk indonesia, diperkirakan jumlahnya 240 juta jiwa dengan pertumbuhan 1,49% per tahun.

Jadi setiap tahunnya lahir empat sampai lima juta bayi atau kurang lebih 10.000 bayi lahir setiap hari. Yang perlu menjadi perhatian adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia seperti ditunjukkan oleh Indeks Pembangunan Manusia Indonesia yang hanya mampu menempati urutan ke-124 dari 182 negara.

Ini tentunya suatu tantangan yang sangat berat dimasa depan. Jika tidak segera dikendalikan maka diperkirakan jumlah penduduk indonesia bisa mencapai 321 juta jiwa pada tahun 2025. Jika sumber Jika sumber daya manusianya tidak ditingkatkan bisa menjadi beban yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Masalah lahan, pangan, energi dan ketersediaan lapangan pekerjaan merupakan masalah yang harus ditanggung pemerintah.

Masalah lainnya adalah sebaran penduduk yang tidak merata dimana 58% penduduk berada di pulau jawa meskipun luas pulau jawa hanya 7% dari luas Indonesia. Padatnya penduduk di Jawa menyebabkan lahan pertanian akan semakin sempit dirubah menjadi pemukiman dan industri. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut perlu pengendalian jumlah penduduk di Indonesia, mengingkatkan kualitas sumber daya manusia agar lebih produktif serta transmigrasi dari pulau jawa ke Pulau-pulau lain.

Loading...
terms: jumlah penduduk indonesia tahun 2014, jumlah penduduk indonesia 2014, jumlah penduduk tahun 2014, jumlah penduduk indonesia pada tahun 2014, penduduk indonesia tahun 2014, jumlah penduduk di indonesia tahun 2014, jumlah penduduk indonesia dari tahun 2014, jumlah penduduk di indonesia th 2014, jumlah masyarakat indonesia 2014, jumlah, grafik jumlah penduduk indonesia terbaru