Jerawat!! Berbahaya Atau Tidak?

By Categories : Tips

JERAWAT…memang salah satu masalah wajah yang paling menyebalkan.  Jerawat yang sering timbul di wajah kita ini dapat menyebabkan masalah lain yang lebih parah lagi. Apalagi jika jerawat bukan hanya muncul di wajah, namun kadang jerawat pun bisa muncul di badan. Oleh karena itu, banyak orang yang memencet jerawat sendiri yang justru akan membuat jerawat semakin buruk.

Jerawat

Ketika kita melakukan kesalahan dalam menghilangkan jerawat hal yang terjadi adalah akan meninggalkan bekkas jerawat tersebut pada wajah kita. Dan tentunya bekas jerawat itu akan sangat mengganggu penampilan wajah kita. Lebih baik lagi membiarkan jerawat pencah sendiri atau hilang sendiri itu lebih baik dari pada memencet. Ada beberapa resiko memencet jerawat diantaranya iritasi,infeksi,pendarahan,jaringan parut dan bekas luka dan yang terakhir ini sangatlah mengerikan yaitu bisa menyebabkan kematian.

Menurut Kidshealth, memencet jerawat membuat bakteri masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat, membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang. Memencet dan meremas hanya akan memperparah jerawat. Bahkan, jika pun ada perbaikan maka sifatnya hanya sementara, menurut laporan Georgetown University Health Education Services. Segera setelah dipencet jerawat akan muncul kembali, sering dengan kemerahan atau iritasi. Bahkan jika Anda pencet jerawat dan tampak kurang jelas, iritasi dan meradang meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.

Memencet atau menggaruk permukaan jerawat dapat menyebabkan perdarahan. Ketika jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan meninggalkan bakteri pada kulit. Sel-sel darah putih kemudian akan memerangi bakteri yang menyerang, pori-pori akan kembali tersumbat namun meradang. Dengan munculknya pembengkakan dan darah kering, jerawat muncul mungkin bahkan lebih terlihat daripada sebelumnya.

Mungkin bahaya yang ini tidak masuk akal? Hanya memencet jerawat bisa menyebabkan kematian. Ini di karenakan ada area wajah kita yang seharusnya jerawat di biarkan saja, karena area ini biasanya di sebuat dengan Segitiga Kematian . Karena area Segitiga Kematian ini terdapat saraf-saraf yang penting, jika terkena saat memencet jearawat maka resiko yang di terima akan mengakibatkan kematian.

Jadi sebaiknya jangan memencet jerawat itu sendiri. Lebih baik kita mengatasi jerawat dengan terbiasa merawat kebersihan diri kita. Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri adalah penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Gunakan kosmetik sesuai dengan jenis kulit anda. Menghindari menggunakan kosmetik yang berlebihan kerana minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita. Keringkan wajah kita dengan kain yang bersih setelah cuci muka atau mandi,kerana bakteri juga menyukai tempat yang lembab. Minum air masak. Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sihat. Gunakan pelembab kulit. Bersihkan wajah sebelum tidur dan Jadikan buah dan sayur sebagai makanan harian anda.