Jenis Tanaman Aquascape Terbaik dan Terpopuler

By Categories : Umum

Bagi pecinta ikan dan aquarium tentu saja ingin memiliki pemandangan aquarium yang menarik dan indah. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan cara Aquscape. Aquascape sendiri merupakan salah satu cara atau teknik menanam tanaman di dalam aquarium. Cara membuat aquascape pun sangat mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Untuk tanamannya sendiri pun tidak sembarang tanaman. Tanaman aquascape berfungsi sebagai penyeimbang lingkungan aquarium, tempat persembunyian ikan dan lainnya. Lalu tanaman apa saja yang cocok digunakan? Berikut adalah jenis tanaman aquascape terbaik dan terpopuler.

jenis tanaman aquascape

Macam-macam tanaman aquascape terbaik

Ludwigia Inclinata

Umumnya tanaman ini berbeda dengan tanaman lainnya, Ludwiga Inclinata memiliki daun berwarna merah atau orange. Tanaman yang berasal dari Amerika Serikat ini juga sering digunakan sebagai tanaman bakcground di akuarium. Jika tertarik memelihara tanaman ini Anda harus benar-benar merawat dan memperhatikannya. Karena pencahayaannya yang kurang dapat membuat daun tanaman ini berubah menjadi hijau.

Java Moss

Yang kedua adalah Java Moss. Tanaman ini juga cukup populer dan sering digunakan untuk akuarium air tawar. Untuk pemeliharaannya pun sangat mudah. Tanaman Java Moss ini dapat tumbuh di kayu apung atau drift wood dan batu. Fungsi utama dari tanaman ini adalah sebagai sumber makanan sekunder untuk bayi ikan, sebagai penutup bagian bawah dan sebagai perlindungan bayi ikan.

Anubias Nana

Jenis tanaman aquascape selanjutnya adalah Anubias Nana. Tanaman yang memiliki daun gelap ini dapat tumbuh hingga 15 cm. Tanaman ini juga sangat cocok ditanamn untuk pemula karena tidak memerlukan perawatan yang sulit.  Anubias Nana dapat tumbuh pada suhu air 22 derajat hingga 28 derajat celcius.  Tanaman ini pun sangat berguna untuk menambah keindahan akuarium.

Hemianthus Callitrichoides (HC Cuba)

Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tanaman ini memerlukan intensitas cahaya yang cukup tinggi. Cuba juga sering digunakan sebagai landasan lapangan sepak bola. Meskipun memiliki daun kecil dan pertumbuhannya sangat lambat, akan tetapi jenis tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang sering digunakan para scaper.

Water Wisteria

Fungsi utama dari tanaman ini adalah untuk melapisi lantai akuarium. Agar dapat tumbuh dengan baik Water Wisteria hanya memerlukan perawatan minim dan intensitas cahaya yang menengah. Tanaman ini juga berguna untuk menambah keindahan akuarium itu sendiri.

Lilaeopsis

Tanaman berikutnya adalah lilaeopsis. Tanaman jenis rumput-rumputan ini dapat tumbuh hingga 5 cm. Agar tidak menyerap nutrisi tanaman lainnya, Anda juga harus sering memangkasnya.  Lilaeopsis dapat tumbuh dengan pencahayaan yang medium dengan suhu air 23 hingga 29 derajat celciu. Fungsi dari tanaman ini adalah sebagai tempat persembunyian bayi ikan dan menutupi lantai akuarium.

Demikianlah ulasan mengenai jenis tanaman aquascape terbaik dan terpopuler.

Baca juga artikel terkait lainnya jenis ikan aquascape.