Jenis Phobia Paling Unik di Dunia

By Categories : Umum

Phobia merupakan rasa takut belebih terhadap sesuatu atau keadaan tertentu yang dialami oleh kebanyakan orang. Banyak penyebab seseorang terkena phobia akan sesuatu mulai dari akibat dari trauma sampai dengan faktor keturunan. Phobia sendiri beragam mulai dari yang sudah wajar sampai dengan yang tidak wajar atau unik. Di dunia ini terdapat beberapa phobia yang bisa disebut sebagai phobia tidak wajar atau unik, karena jenis phobia tersebut terbilang cukup mengejutkan. Meskipun begitu para penderitanya benar-benar ketakutan histeris terhadap benda atau kejadian tersebut. Nah penasaran apa saja jenis phobia paling unik di dunia? yuk langsung saja ketahui pembahasannya di bawah ini!

Jenis Phobia Paling Unik di Dunia

Berikut Jenis Phobia Paling Unik di Dunia

Geliophobia (Takut akan Tertawa)

Jenis phobia paling unik di dunia yang pertama adalah Geliophobia. Geliophobia merupakan jenis phobia dimana penderitanya takut akan tertawa. Jenis phobia ini terlihat unik, pasalnya seseorang tentu pernah yang namanya tertawa. Tertawa sendiri bermanfaat untuk mencegah seseorang terkena resiko stress. Selain takut akan tertawa, para penderita jenis phobia ini juga sangat ketakutan ketika mendengar orang lain tertawa.

Ablutophobia (Takut Mandi)

Jenis phobia paling unik berikutnya adalah Ablutophobia. Ablutophobia merupakan jenis phobia takut mandi atau bisa dibilang takut ketika dirinya mandi. Pada umumnya mandi merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bau badan sekaligus menghilangkan kuman penyakit yang menempel pada tubuh. Namun apa jadinya ketika pada penderita Ablutophobia atau phobia mandi, tentunya tidak bisa membayangkan. Untuk jenis phobia Ablutophobia biasanya dialami oleh anak-anak dan juga wanita.

Caligynephobia (Takut Wanita Cantik)

Jenis phobia berikutnya adalah Caligynephobia atau takut terhadap wanita cantik. Pada umumnya ketika pria melihat wanita cantik tentunya akan merasa lebih senang untuk melihat. Namun hal ini berbeda dengan para penderita jenis phobia Caligynephobia. Hal ini dikarenakan biasanya para penderita pernah mengalami trauma dalam hidupnya pada wanita cantik atau pernah sakit hati terhadap wanita cantik.

Somniphobia (Takut Tidur)

Jenis phobia paling unik yang keempat adalah Somniphobia atau jenis phobia takut ketika tidur. Bagi mereka penderita phobia Somniphobia akan tetap terjaga ketika malam. Meskipun mereka tidur biasanya mereka lebih sering mengalami mimpi buruk yang mengakibatkan mereka susah tidur dan takut untuk tidur kembali. Untuk mengatasinya biasanya mereka akan tidur terlelap dengan mengonsumsi obat tidur.

Philophobia (Takut Jatuh Cinta)

Setiap orang tentu pernah berpikiran bahwa ingin dicintai oleh lawan jenis. Namun sebaliknya untuk penderita Philophobia atau takut akan jatuh cinta. Para penderita jenis ini mereka berpikiran bahwa jatuh cinta merupakan hal yang menakutkan, sehingga mereka merasa takut ketika akan mengalami jatuh cinta. Untuk penderita jenis phobia ini biasanya mereka terlebih dahulu pernah mengalami hal menyedihkan tentang percintaan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai phobia paling unik di dunia. Masih banyak jenis phobia aneh dan unik lainnya di dunia ini.

Baca juga artikel menarik lainnya Manfaat mandi air hangat dan dinding.