Jenis Penyakit Pada Kucing yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Umum

Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Hal ini dikarenakan dengan adanya binatang peliharaan kita dapat bermain saat pulang bekerja ataupun setelah melaksanakan aktivitas sehari-hari. Selain marmut, hamster, sugar glider dan juga kelinci. Kucing merupakan binatang yang sering dipelihara. Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki sistem kekebalan tubuh. jika sistem kekebalan tubuh hewan tersebut menurun pastinya ini akan membuat kucing dapat terserang oleh beberapa penyakit. Nah berikut adalah jenis penyakit pada kucing yang perlu Anda ketahui.

Jenis Penyakit Pada Kucing

Jenis penyakit yang sering menyerang kucing

Infeksi telinga

Penyakit pada kucing yang pertama adalah infeksi telinga. Infeksi telinga pada kucing disebabkan karena banyaknya kuman yang bersarang di dalam telinga. Sehingga ini akan menyebabkan telinga kucing mengeluarkan bau tak sedap. Tak hanya itu saja, kucing yang mengalami infeksi telinga daun telinganya akan tampak lecet dan bengkak. Cara pencegahannya yaitu Anda harus membersihkan telinga kucing dengan cutton buds secara rutin. Jika sudah terjadi infeksi, Anda dapat membeli obat tetes telinga di pet shop langganan Anda.

Flu kucing

Sama halnya dengan manusia, kucing juga dapat terkena flu. Hal ini terjadi karena faktor cuaca, sistem kekebalan tubuh menurun ataupun tertular kucing lainnya. Kucing yang terkena flu memiliki ciri dan gejala yang hampir sama dengan flu yang menyerang manusia, seperti bersih dan pilek. Jika kucing Anda terkena penyakit ini, segeralah Anda membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan antibiotik dan lainnya.

Penyakit kulit

Jenis penyakit pada kucing selanjutnya adalah penyakit kulit. Seekor kucing yang terkena penyakit kulit biasanya akan menunjukkan tanda seperti sering menggaruk dan menjilati bulunya, bulu sering rontok, terjadi iritasi pada kulit kucing dan juga terjadi infeksi pada bagian kulit tertentu pada kulit kucing. Cara pencegahannya adalah dengan cara memandikan dan membersihkan kandang dan tubuh kucing secara teratur. Jika penyakit Anda sudah terserang penyakit ini Anda dapat memandikannya dengan shampo anti kutu dan juga mengoleskan lotion anti jamur.

Sakit tulang belakang

Gejala yang sering muncul saat kucing menderita sakit tulang belakang adalah kucing akan sering kehilangan keseimbangan pada saat berdiri dan berjalan. Hal ini biasanya disebabkan karena kucing sering terjatuh dari tempat tinggi ataupun sering mendapatkan pukulan.

Feline Infectious Enteritis atau FIE

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular dan penyebab kematian pada kucing. Penyakit ini disebabkan karena menurunnya sel darah putih dalam tubuh kucing. Gejala yang sering muncul adalah muntah-muntah, tidak memiliki nafsu makan, diare yang disertai demam. Jika kucing Anda mengalami hal ini segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Nah itulah beberapa jenis penyakit pada kucing yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Cara merawat kucing persia.