Jenis Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh sehat dan selalu prima. Akan tetapi sistem imun tubuh yang lemah dapat membuat seseorang terserang penyakit. Salah satu penyakit berbahaya adalah penyakit yang menular. Hal ini karena penyakit menular dapat ditularkan atau dapat berpindah dari orang yang sakit ke orang sehat yang belum terkena penyakit tersebut. Biasanya penyakit ini dapat disebabkan oleh kontak langsung dengan penderita ataupun melalui perantara. Berikut adalah jenis penyakit menular dan cara pencegahannya.

Jenis Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

Macam-macam penyakit menular dan cara mencegahnya

Cacar air

Jenis penyakit menular yang pertama adalah cacar air. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster yang menyebabkan kulit gatal, menimbulkan bintik kemerahan dan melepuh. Cacar air dapat menular dengan cara kontak langsung dengan penderita seperti berjabat tangan, ataupun melalui barang pribadi seperti pakaian. Cara pencegahan penyakit ini adalah menghindari sumber penularan cacar air, melakukan vaksinasi dan juga mengonsumsi makanan bergizi agar sistem kekebalan tubuh kuat.

Pneumonia

Yang kedua adalah pneumonia. Pneumonia merupakan radang paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri ataupun parasit lainnya. gejala dari penyakit ini adalah adanya gangguan pernapasan , batuk hingga demam. Pneumonia sendiri dapat ditularkan melalui udara yang tercemar oleh bakteri atau virus penyebab penyakit ini serta udara yang terpapar dari penderita pneumonia itu sendiri. Cara pencegahannya yaitu selalu menggunakan masker atau pelindung pernapasan lainnya saat dekat dengan sumber resiko penularan penyakit ini serta selalu menjaga kesehatan tubuh agar bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh dapat ditangkal dengan mudah.

Penyakit PES

Jenis penyakit menular selanjutnya adalah penyakit PES. PES atau Pesteurellosis adalah penyakit yang disebabkan oleh binatang pengerat seperti tikus dan lainnya. Penyakit ini dapat ditularkan melalui kutu tikus, kontak langsung dengan menyentuh atau terkena nanah penderita PES, air liur penderita PES dan juga makanan minuman yang tercemar oleh bakteri. Cara pencegahannya yaitu selalu menjaga kebersihan makanan serta menghindari kontak langsung dengan penderita PES.

AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome)

AIDS merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini karena AIDS adalah penyakit yang menyerang sel-sel darah putih yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh. Sehingga jika sel darah putih diserang ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan juga membuat tubuh lebih mudah diserang penyakit. Penularan penyakit ini yaitu melalui transfusi darah, hubungan bebas dengan penderita AIDS ataupun ditularkan oleh ibu yang terkena AIDS pada bayi yang dikandungnya. Cara pencegahan dari penyakit ini yaitu selalu menghindari kontak langsung dengan penderita AIDS dan memisahkan barang-barang prbadi dengan penderita AIDS.

Nah itulah jenis penyakit menular dan cara pencegahannya. Baca juga artikel tentang Waspada gajala penyakit diabetes.

Loading...
terms: gambar penyakit menular