Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Ini karena kulit berguna untuk melindungi organ-organ yang ada di dalam tubuh. Tak hanya penyakit dalam saja, kulit juga sangat rentan terhadap penyakit. Karena letaknya yang di luar membuat kulit sangat mudah terserang penyakit. Seperti yang Anda ketahui, hingga saat ini tak sedikit orang yang mengeluh karena penyakit kulit yang menyerangnya. Lalu penyakit apa saja yang sering menyerang kulit? Berikut adalah jenis penyakit kulit yang sering dialami setiap orang dan cara mengatasinya.

Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengatasinya

Macam-macam penyakit kulit yang perlu diketahui

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering kali menyerang setiap orang. Meskipun tidak berbahaya, akan tetapi jerawat yang meradang dapat menimbulkan rasa sakit. Jerawat sendiri disebabkan karena produksi minyak yang berlebih pada wajah dan juga sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat.  Cara mengatasi jerawat yang biasa  dilakukan adalah dengan cara  selalu membersihkan wajah secara rutin ataupun menggunakan masker wajah alami.

Panu

Yang kedua adalah panu. Sama seperti jerawat, panu juga merupakan penyakit kulit yang sangat umum dan sering diderita orang. Panu adalah penyakit yang membuat kulit penderitanya mengalami bercak putih. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini tentu saja dapat menyebar. Panu sendiri disebabkan karena infeksi jamur, gejala utama seseorang yang mengalami panu adalah  kulit terlihat lebih putih serta rasa gatal pada bagian kulit yang terserang panu. Cara mengatasi panu adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih, lengkuas ataupun dengan menggunakan salep yang dioleskan pada panu tersebut.

Eksim

Jenis penyakit kulit berikutnya adalah eksim, penyakit kulit yang satu ini bisa terjadi dalam waktu yang sangat panjang. Gejala awal eksim biasanya hanya berupa gatal yang kemudian berkembang menjadi ruam. Ruam tersebut akan menyebabkan rasa gatal dan jika digaruk maka bisa menyebabkan infeksi jamur. Penyakit ini biasanya diobati dengan menggunakan salep kulit yang mengandung belerang ataupun bahan khusus lainnya. jika dibandingkan dengan penyakit kulit lainnya, eksim membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengobatinya.

Herpes

Penyakit kulit yang disebabkan oleh virus ini dapat menyebabkan kulit menjadi ruam, panas dan gatal. Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah virus varisella. Herpes merupakan jenis penyakit menular yang harus segera diatasi. Cara mengobati penyakit ini adalah dengan cara mengolesi permukaan kulit dengan menggunakan krim khusus yang mengandung antibiotik.

Kudis

Selanjutnya adalah kudis. Sama seperti penyakit kulit lainnya, kudis juga memiliki gejala awal yaitu gatal pada kulit ketika kutu masuk ke dalam kulit. kemudian bekas kutu tersebut akan tumbuh benjolan kecil yang pada akhirnya akan melepuh dan menyebar ke bagian kulit lainnya. Cara mengatasi kudis adalah dengan menggunakan obat antibiotik ataupun merendam bagian kulit yang gatal dengan menggunakan air dingin.

Demikianlah ulasan mengenai jenis penyakit kulit dan cara mengatasinya. Baca juga  penyebab penyakit kusta dan pengobatannya.

Loading...