Jenis Mainan yang Baik untuk Perkembangan Anak

By Categories : Pendidikan

Bagi anak-anak bermain merupakan hal yang paling disukai yang bisa membuat mereka merasa senang. Tetapi sebagai orang tua perlu adanya perhatian terhadap jenis mainan yang sering dimainkan pada anak. Pasalnya terdapat banyak sekali mainan yang justru tidak baik untuk perkembangan sang anak. Mainan yang baik untuk perkembangan sang anak dibutuhkan sejak masih kecil karena bagus untuk melatih dari motorik sang anak. Lalu apa saja jenis mainan yang baik dan mendukung untuk perkembangan anak? Yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Jenis Mainan yang Baik untuk Perkembangan Anak

Berikut Jenis Mainan untuk Mendukung Perkembangan Anak

Puzzle Huruf dan Angka

Salah satu jenis mainan yang baik untuk perkembangan anak yang pertama adalah puzzle huruf dan angka. Jenis mainan ini baik untuk anak dikarenakan sang anak akan lebih mudah mengingat huruf sekaligus angka dengan berbagai bentuk puzzle. Yang membuat anak lebih senang karena bentuk puzzle yang dapat menyerupai hewan seperti kupu-kupu atau juga pesawat. Untuk itu sebaiknya berikan anak mainan jenis yang satu ini.

Puzzle Gambar

Jenis mainan berikutnya yang baik untuk perkembangan akan adalah puzzle dengan bentuk gambar. Sedikit berbeda dengan mainan di atas, karena mainan pada puzzle bergambar menggunakan gabungan gambar untuk membentuk pola beragam ketika disatukan. Dengan memberikan anak jenis permainan ini tentu sangat bagus untuk melatih kemampuan motorik pada sang anak.

Lego

Permainan yang saat ini sedang populer ini juga baik untuk perkembangan anak. Lego merupakan permainan menyenangkan yang juga akan melatih kemampuan kreatifitas serta imajinasi pada sang anak. Selain itu sang anak juga mampu untuk berlatih dan menciptakan ide baru dengan potongan lego. Oleh sebab itu ketika Anda sebagai orang tua bingung memberikan jenis mainan apa yang bagus untuk anak, lego merupakan solusi yang tepat untuk diberikan.

Rubik

Rubik merupakan jenis mainan yang bagus untuk perkembangan anak berikutnya. Rubik merupakan mainan dengan bentuk persegi yang dapat melatih kemampuan daya pikir sang anak. Di samping melatih kemampuan daya pikir anak, bermain rubik juga dapat membantu untuk melatih kesabaran dalam menyelasaikan permaianan rubik agar dapat bersatu semua warna yang ada. Berikan rubik 3×3 untuk sang anak serta jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara bermain rubik, mengingat permainan ini memiliki trik.

Alat Musik Mainan

Selanjutnya adalah alat musik mainan. Musik sebaiknya diperkenalkan kepada anak sejak usia dini. Hal ini dikarenakan banyak manfaat bermain musik seperti gitar maupun piano berukuran kecil dapat membantu kecerdasan dari sang anak. Oleh karena itu sebagai orang tua sebaiknya memperkenalkan sang anak alat musik mainan sejak dini dibandingkan dengan mainan lainnya seperti video game yang cenderung dapat membuat kecanduan sang anak.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis mainan yang baik untuk perkembangan anak yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel menarik tentang Tips mengajarkan anak membaca agar menyenangkan.

loading...