Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui jerawat merupakan salah satu jenis masalah yang sering kita jumpai. Jerawat merupakan suatu kondisi pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran sehingga hal ini menyebabkan timbulnya benjolan kecil yang berisi nanah yang meradang. Jerawat biasanya disebabkan karena perubahan hormon seseorang, pola makan yang salah, kulit berminyak dan tentunya tidak teratur dalam membersihkan wajah. Baca juga buah untuk menghilangkan jerawat.

remaja-jerawatan-140205b

Namun tahukah Anda ada berapa jenis jerawat? Ya, benar ada 3 macam jenis jerawat.  Ketiga jerawat tersebut pun memiliki cara yang berbeda dalam mengatasainya. Penasaran kan apa saja jenis jerawat dan cara mengatasinya? Yuk langsung saja simak artikel berikut ini!

Jenis jerawat dan cara mengatasinya

Komedo

Komedo merupakan pori-pori kulit yang tersumbat. Hal ini biasanya terjadi karena seseorang tersebut malas membersihkan wajah sehingga sisa make up dan kotoran seperti debu menumpuk pada kulit. Komedo sendiri terbagi atas 2 macam yaitu blackhead dan whitehead. Blackhead merupakan pori-pori yang menghitam dan melebar. Sedangkan whitehead merupakan komedo tertutup.

Cara mengatasi :

Untuk mengatasi jenis jerawat yang satu ini Anda dapat menggunakan bahan alami seperti putih telur. Caranya mudah, yaitu celupkan kapas pada putih telur kemudian oleskan pada area komedo. Diamkan selama beberapa menit hingga kering kemudian bilas dengan air hingga bersih. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan putih telur sebagai masker.

Jerawat klasik atau biasa

Jerawat klasik biasanya disebabkan karena perubahan hormon seperti saat mengalami menstruasi. Sehingga hal ini akan menyebabkan adanya benjolan yang bewarna merah muda karena pori0pori kulit tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat.

Cara mengatasi :

untuk mengatasinya Anda dapat  menggunakan lemon atau jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada buah tersebut dapat mengurangi peradangan jerawat. selain itu, lemon dan juga jeruk nipis juga dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Caranya, oleskan secara merata lemon pada kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas menggunakan air dingin.

Jerawat batu (cystic acne)

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling sulit untuk di atasi. Karena salah dalam penanganannya saja dapat meninggalkan bekas jerawat pada wajah. Jerawat ini disebabkan karena adanya faktor keturunan atau genetik. Maka dari itu dalam mengatasinya Anda harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Itulah beberapa  jenis jerawat dan cara mengatasinya. Agar terhindar dari jerawat tersebut sebaiknya Anda mulai untuk merawat  dan membersihkan wajah secara teratur, agar tidak ada kotoran dan sisa make up yang menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel lainnya cara mengatasi jerawat dan komedo dengan cepat.

loading...