Jenis dan Fungsi Jaringan Meristem pada Tumbuhan

By Categories : Pendidikan

Sudah tahukah Anda apa itu jaringan meristem pada tumbuhan? Jaringan meristem merupakan jaringan khusus yang sel-selnya dapat aktif membelah. Berlangsungnya perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan tidak lepas dari peranan jaringan meristem itu sendiri. Jaringan tersebut memungkinkan terjadinya pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. Pertumbuhan primer terjadi karena adanya pembelahan sel pada meristem primer yang terletak di ujung akar dan ujung batang. Sedangkan pertumbuhan sekunder terjadi karena adanya pembelahan sel pada meristem sekunder yang berupa kambium. Jaringan meristem sendiri  memiliki beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan letak dan asal pembentukannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis dan fungsi jaringan meristem pada tumbuhan.

Jenis dan Fungsi Jaringan Meristem pada Tumbuhan

Inilah jenis dan fungsi jaringan meristem pada tumbuhan

Jenis meristem menurut asal pembentukam dan perkembangannya

  • Promeristem atau meristem priordial

Pada awal pembentukan dan perkembangan tumbuhan, semua sel akan mengalami pembelahan diri. Pada saat memasuki fase embrio, tumbuhan sudah memiliki beberapa sel yang sudah aktif membelah yang berupa promeristem atau meristem prodial. Pada tanaman, promeristem merupakan tahapan awal dari meristem yang ada, yaitu pada ujung akar dan ujung batang. Fungsi dari jaringan promeristem ini adalah berguna untuk pertumbuhan embrio yang akan menghasilkan jaringan meristem primer.

  • Meristem primer

Meristem primer sendiri merupakan jaringan lanjutan dari promeristem yang sel-selnya masih aktif membelah. Meristem primer juga disebut juga meristem apikal karena  teletak pada ujung akar dan juga ujung batang. Fungsi jaringan meristem yang satu ini adalah untuk menambah panjang dan tinggi pada tumbuhan.

  • Meristem sekunder

Selanjutnya adalah meristem sekunder. Meristem sekunder adalah jaringan hasil perkembangan dari meristem primer. Misalnya kambium, baik kambium gabus, kambium dari akar dan kambium antar fasikulis batang. Fungsi meristem sekunder adalah untuk pelebaran ataupun pembesaran batang tumbuhan. Aktivitas meristem sekunder dalam proses perumbuhannya, berdampak pada beberapa hal seperto terbentuknya lingkaran tahun pada batang tanaman, terbentuknya jari-jari empelur, terbentuknya jaringan berkas angkut sekunder serta bertambahnya diameter batang tanaman.

Jenis meristem berdasarkan letaknya

  • Meristem apikal (ujung)

Meristem apikal pada tumbuhan terletak pada titik tumbuh primer, yaitu pada ujung akar dan juga ujung batang. Letaknya yang berada pada ujung akar dan batang, membuat meristem apikal memiliki fungsi  untuk menghasilkan sel-sel baru agar akar tanaman semakin panjang. Sehingga dapat menembus tanah dan memperolah air dan mineral yang dibutuhkan. Selain itu, meristem apikal juga berguna untuk sel baru lainnya, seperti cabang dan daun pada tumbuhan.

  • Meristem interkalar

Meristem interkalar terletak di antara jaringan dewasa. Interkalar berada di antara bagian-bagian dari alat tumbuhan, misalnya pada pangkal ruas tebu, rumput-rumputan dan pinus. Fungsi jaringan meristem  ini berguna untuk menghasilkan bunga.

  • Meristem lateral

Meristem lateral sendiri merupakan jaringan muda yang terletak di tepi atau samping alat tumbuhan, yaitu pada kambium gabus dan kambium pembuluh. Fungsi dari jaringan  ini sendiri adalah untuk pertumbuhan sekunder, seperti pembesaran akar dan juga batang pada tumbuhan.

Nah itulah beberapa jenis dan fungsi jaringan meristem pada tumbuhan. Baca juga perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

terms: fungsi jaringan meristem, Apa peranan jaringan meristem, fungsi meristem primer, fungsi meristem primer dan sekunder