Jenis Burung Nuri yang Terancam Punah

By Categories : Umum

Siapa yang tidak mengenal burung paruh bengkok yang satu ini? Burung Nuri sangat disukai oleh hampir semua pecinta burung. Ini dikarenakan burung Nuri memiliki warna yang cerah yang melekat pada bulu burung dan menjadi daya tarik sehingga indah untuk dipandang. Selain memiliki warna yang kontras, burung nuri memiliki kemampuan berkicau yang mampu menirukan suara manusia. Ini merupakaan keunggulan burung nuri dibandingkan burung yang lain. Burung nuri juga lebih mudah jinak jika berada di lingkungan yang baru. Hal ini yang membuat burung nuri sangat populer dikalangan penghobi burung.

Jenis Burung Nuri

Ada beberapa jenis burung Nuri di dunia. Dan semuanya memiliki kecerdasan menirukan suara manusia. Di dunia ini setidaknya ada lebih dari 371 spesies burung Nuri dan hampir 40 persen berada di Indonesia. Sanyangnya populasi burung Nuri di Indonesia terus berkurang aibat perburuan liar dan kerusakan hutan. Bahkan ada beberapa jenis burung nuri yang terancam punah. Habitat burung Nuri  di Indoenesia terdapat di bagian timur seperti Maluku, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau kecil di wilayah Indonesia Timur.

Lembaga yang yang bergerak dalam bidang perlindungan dan pelestarian satwa liar mengungkapkan jika pada tahun 2012 ada sekitar 15.000 ekor burung Nuri dan Kakatua tangkap dan diperdagangkan. Tingginya perburuan liar tersebut membuat pemerintah Indonesia menetepkan jenis burung Nuri sebagai burung dilindungi.

Berikut beberapa jenis burung nuri yang terancam punah

  1. Nuri Sayap Hitam

Burung Nuri jenis ini memiliki ciri khas pada bagian sayap yang berwarna hitam. Dengan ukuran tubuh hingga 30 cm. Pada bagian mata memiliki corak bulu berwarna biru. Habitat asli burung ini terdapat di wilayah pesisir Pulau Biak dan Pulau Teluk Cendrawasih. Penyebab kepunahan burung nuri ini adalah akibat perburuan liar dan kerusakan hutan yang kerap terjadi di Indonesia.

  1. Nuri Tanimbar

Spesies Nuri jenis ini bisa ditemukan di Kepulauan Tanimbar dan Nusa Tenggara Barat. Nuri Tanimbar memiliki ciri-ciri khusus, yaitu memiliki bulu yang berwarna merah dominan. Kemudian sedikit varian hitam pada bagian tubuh dan garis melintang di bagian mata hingga punggung. Di habitat aslinya Nuri Tanimbar biasa ditemui di perkebunan kelapa dan sagu. Saat ini keberadaan burung Nuri jenis ini sangat susah untuk ditemui dan bahkan terancam punah.

  1. Nuri Talaud

Jenis burung Nuri selanjutnya ada;ah Nuri Talaud . Di wilayah Sulawesi disebut juga burung Sampiri yang memiliki nama latin Eos Histrio. Burung ini merupakan salah satu burung endemik di Sulawesi Bagian Utara. Terdiri  3 sub spesies, yaitu Challengeri Salvador, Tautensis, dan Histrio. Jika dilihat dari fisik burung Nuri talaud memiliki dua warna yang dominan yaitu merah dan biru. Nuri Talaud hidup secara berkelompok dan karena sering terjadi perburuan liar, burung ini terancam punah dan susah untuk ditemui di habitat aslinya.

Baca juga Tips Merawat Burung Love Bird Bagi Pemula

terms: burung nuri salvador, jenis burung nuri yang terancam punah, jenis burung punah