Jenis Buah Yang Mengandung Vitamin A

By Categories : Kesehatan

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dalam dunia medis sering kali di sebut sebagai retinol yang dapat berfungsi untuk membantu mata beradaptasi dengan cahaya gelap ke cahaya yang terang. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan mata sepanjang hari. Maka penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh Anda secara optimal. Untuk memenuhi vitamin A, selain mengonsumsi bahan makanan yang yang berasal dari hewani, Anda juga dapat mengonsumsi jenis buah yang mengandung vitamin A. Buah yang mengandung vitamin A ini memiliki peranan yang sangat penting dalam indra penglihatan manusia. Lantas apa saja jenis buah yang mengandung vitamin A tersebut ? Berikut penjelasannya!

Jenis Buah Yang Mengandung Vitamin A

Inilah Jenis Buah yang Mengandung Vitamin A

Mangga

Di Indonesia sangat mudah sekali memnemukan buah yang satu ini yaitu mangga. Banyak sekali jenis atau ragam dari buah mangga, namun apapun jenis mangga tersebut semua memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Selain itu buah mangga juga memiliki kandungan flavonoid seperti beta carotene dan beta cryptoxanthin yang memiliki peranan dalam menjaga kesehatan mata.

Pepaya

jenis buah yang mengandung vitamin a yang kedua adalah buah pepaya. Jika buah pepaya sudah sangat dikenal dengan manfaatnya sebagai buah pelancar pencernaan, ternyata juga sangat bagus bagi kesehatan mata. Hal ini dikarenakan pepaya memiliki kandungan vitamin a yang sangat tinggi.

Tomat

Buah yang juga memiliki kandungan vitamin a selanjutnya adalah tomat. Kandungan vitamin a yang terdapat dalam buah tomat setara dengan 107 pesen dari total kebutuhan vitamin a dalam tubuh manusia. Bukan hanya itu saja buah tomat juga memiliki kandungan rendah akan kalori dan tinggi akan kandungan lycopene. Hanya cukup dengan mengonsumsi satu buah tomat setiap hari, kebutuhan vitamin a dalam tubuh akan terpenuhi secara maksimal.

Semangka

Semangka adalah buah yang memang sangat cocok dikonsumsi pada saat musim kemarau seperti sekarang ini. Karena semangka memiliki kandungan mineral yang sangat berlimpah, selain itu semangka juga memiliki kandungan vitamin A yang tentunya sangat baik bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah semangka adalah 19 persen dari kebutuhan tubuh. Untuk mendapatkannya Anda cukup mengonsumsi 100 gram buah semangka setiap harinya.

Blackberry

Buah yang mengandung vitamin A yang terakhir adalah buah blackberry. Kandungan vitamin a yang terdapat dalam buah blackberry ini juga tidak kalah tingginya dengan jenis buah lainnya. Kandungan vitamin A dalam buah blackberry 15 persen dari kebutuhan vitamin A dalam tubuh.

Demikian penjelasan mengenai jenis buah yang mengandung vitamin a.