Jenis Ayam Hias yang Banyak Dipelihara di Indonesia

By Categories : Umum

Ayam merupakan salah satu hewan keberadaannya sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Hewan yang sering diambil daging untuk sumber protein serta bulu untuk membuat sulak ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Selain jenis ayam pedaging dan petelur, ternyata juga terdapat jenis ayam hias yang banyak dipelihara oleh para penghobi ayam.

Ayam hias bukan untuk diambil daging guna dikonsumsi melainkan dipelihara serta tak sedikit juga diikutkan lomba. Di Indonesia terdapat beberapa ayam hias yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan ayam pada umumnya. Lalu apa saja jenis ayam hias yang banyak dipelihara di Indonesia? Penasaran? Langsung saja ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Ayam Serama

Berikut Jenis Ayam Hias yang Banyak Dipelihara di Indonesia

Ayam Serama

Ayam serama merupakan salah satu ayam hias yang memiliki bentuk unik yakni kecil dibandingkan dengan ayam lain. Jenis ayam serama sering diikutkan lomba dengan kemampuan dalam bergayanya. Meskipun memiliki bentuk tubuh kecil, tetapi jenis ini memiliki postur tubuh yang bagus yakni tubuh tegap, bulat, dada membusung ke depan, serta ekor yang panjang. Itulah ciri khas dari ayam serama yang terkenal dengan bentuk tubuhnya.

Ayam Ketawa

Jenis ayam hias berikutnya adalah ayam ketawa yang beradal dari Sulawesi Selatan tepatnya kabupaten Sindrap. Ayam ini juga banyak dipelihara berkat kemampuan suaranya yang berbeda dengan jenis ayam lain. Seperti namanya, ayam ketawa mampu berkokok layaknya orang tertawa. Jenis ayam ini juga sering diadu akan kualitas suaranya untuk memenangkan lomba.

Ayam Kate

Untuk jenis ayam ini memiliki bentuk tubuh kecil, namun lebih besar dibanding ayam serama. Keunikan dari ayam kate seperti memiliki jengger yang indah, bulu idah, serta penampilan fisik seperti kaki yang pendek. Keberadaan ayam kate di Indonesia cukup banyak diminati bagi mereka yang hobi memelihara ayam hias.

Ayam Cemani

Ayam cemani berasal dari Magelang serta Temanggung, Jawa Tengah. Ayam ini juga banyak dipelihara dan dijadikan sebagai ayam hias serta tak menutup kemungkinan untuk dikonsumsi dagingnya. Jenis ini memiliki ciri unik seperti warna yang khas yakni hitam di seluruh tubuh termasuk kaki, daging, kulit, dan matanya. Keberadaan cemani bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi sampai dengan ke luar negeri seperti Inggris.

Ayam Brahma

Tidak hanya terdapat sapi Brahma saja, tetapi terdapat ayam berjenis Brahma. Ayam brahma memang dikembangbiakan untuk diambil dagingnya serta telurnya akan tetapi jenis ini juga dijadikan sebagai ayam hias yang memiliki harga ekonomis cukup tinggi. Jenis ayam brahma memiliki bentuk tubuh bulat dan gempal dengan bulu di kaki. Keberadaan jenis ini mulai cukup populer dan dibudidayakan di Indonesia.

Nah demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai jenis ayam hias yang banyak dipelihara di Indonesia. Untuk jenis lain yang juga dipelihara seperti ayam hutan hijau, ayam pelung yang merupakan ayam lokal yang banyak dipelihara sebagai ayam hias. Ayam lokal ini digemari karena suara, semakin bagus kualitas suara seperti mampu berkokok panjang melengking semakin banyak dicari penghobi ayam.

Loading...
terms: jenis ayam terbesar di dunia