Jas Hujan Terbaik untuk Biker

By Categories : Tips

Jas hujan merupakan bagian terpenting bagi seorang pengendara motor saat musim hujan. Ini karena penggunaan jas hujan pada pengendara sepeda motor akan mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya. Selain itu, jas hujan juga dapat menjaga tubuh Anda terkena air hujan secara langsung. Dengan menggunakannya membuat tubuh tetap sehat dan bugar saat musim hujan. Namun terkadang orang sering menyepelekan saat memilih jas hujan. Jika Anda salah memilih jas hujan salah maka akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat berkendara.

Ada beberapa tips memilih jas hujan terbaik untuk biker, salah satunya adalah ukuran. Hal ini penting karena jas hujan yang tidak sesuai ukuran tubuh Anda akan membuat tidak nyaman. Misalnya saja jas hujan dengan model sayap. Jas hujan ini selain memiliki ukuran besar, juga lebih beresiko mebahayakan diri sendiri dan orang lain.

Berikut tips memilih jas hujan terbaik untuk pengendara sepeda motor

Hindari jas hujan tanpa sambungan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jas hujan jenis ini paling sering menyebabkan kecelakaan. Ini dikarenakan memiliki bentuk yang lebar dan panjang kebelakang. Jika terhempas angin jas hujan jenis ini bisa menutupi jarak pandang pengendara yang dibelakang.

Hindari jas hujan yang menggunakan jahitan

Jas hujan terbaik biasanya tidak memiliki jahitan. Jadi, bagi para biker disarankan memilih jas hujan yang menggunakan model sambungan yang dipress. Hal ini dapat berguna untuk mencegah air masuk ke dalam. Jika air meresap ke dalam maka akan menyebabkan pakaian menjadi lembab bahkan basah.

Pilih jas hujan berbahan PVC

Tips selanjutnya adalah Anda disarankan untuk memilih jas hujan berbahan PVC atau polycinyl chlorid. Bahan ini mampu mencegah air meresap walaupun saat hujan lebat. Ini karena bahan PVC memiliki pori-pori lebih rapat dan halus dibandingkan jas hujan pada umumnya. Model ini merupakan model jas hujan terbaik untuk biker.

Jas Hujan Terbaik untuk Biker

Perhatikan lipatan-lipatan terutama pada bagian pangkal paha

Seperti yang kita ketahui, jas hujan sangat rentan sobek pada bagian lipatan-lipatan seperti bagian pangkal paha. Ini karena pada bagian tersebut biker lebih sering bergerak dibandingkan bagian tubuh yang lain. Jadi untuk menghindari hal tersebut pilihlah jas hujan yang memiliki kerapatan serta kekuatan press dibagian sambungan pangkal paha.

Pastikan jas hujan yang berwarna cerah

Jas hujan terbaik untuk biker selanjutnya adalah memiliki warna yang cerah. Alasannya adalah agar Anda lebih mudah terlihat, tertutama saat berkendara di malam hari di musim hujan. Bahkan ada beberapa jas hujan yang saat ini menggunakan bahan dengan kandungan fosfor atau scotlite sehingga saat terkena cahaya dari pengendara lain akan memancarkan sinar.

Itulah beberapa jas hujan terbaik untuk biker yang perlu Anda perhatikan. Baca juga artikel terkait lainnya Tips Berkendara Saat Musim Hujan.