Jamur yang Dapat Dikonsumsi Manusia

By Categories : Makanan

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai manfaat jamur tiram untuk kesehatan, pada pembahasan kali ini membahas mengenai beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua jamur dapat dikonsumsi oleh manusia. Hanya terdapat beberapa jenis jamur yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Ini dikarenakan jamur yang tidak dapat dikonsumsi mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh manusia. Lalu apa saja jamur yang dapat dikonsumsi oleh manusia? Berikut terdapat beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi.

Jamur yang Dapat Dikonsumsi Manusia

Berikut Jamur yang Dapat Dikonsumsi Manusia

Jamur Tiram

Jamur tiram dengan nama ilmiah Pleurotus sp merupakan salah satu jamur yang dapat dikonsumsi manusia. Jamur ini merupakan salah satu jamur paling populer di dunia. Jamur ini sudah dibudidayakan di seluruh penjuru dunia dengan cita rasa dan manfaat yang dimilikiya. Jamur tiram memiliki ciri yang unik pada bentuknya seperti menyerupai cangkang kerang serta cekung. Jamur tiram memiliki warna putih dengan sedikit warna crem. Jamur jenis ini menjadi banyak favorit kebanyakan orang.

Jamur Kancing

Jamur kancing atau dengan nama ilmiah Agaricus bisporus merupakan jenis jamur berikutnya yang dapat dikonsumsi. Jenis jamur ini juga paling banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia. Jamur kancing menjadi salah satu bahan untuk makanan kelas dunia sekalipun. Jamur kancing memiliki bentuk bulat dengan warna putih, dengan campuran crem dan coklat. Jamur kancing biasa dijual dalam bentuk kalengan maupun dalam bentuk jamur segar. Jamur ini juga memiliki banyak manfaat dan mengandung berbagai zat seperti mineral, vitamin dan juga rendah kalori.

Jamur Merang

Jamur merang memiliki nama ilmiah Volvariel volvaceae. Jamur ini juga menjadi jamur yang sering dijadikan ke dalam beberapa menu makanan. Bahkan uniknya jamur merang juga dicampurkan ke dalam beberapa menu masakan kelas dunia. Jamur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh serta dapat dibudidayakan di iklim tropis dan iklim subtropis.

Jamur Shitake

Jamur yang dapat dikonsumsi keempat adalah jamur jenis shitake yang memiliki nama ilmiah Lentinus edodes. Jamur ini banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang terutama di Jepang dan beberapa negara di dunia. Jamur shitake sudah ada sejak beberapa ratus tahun lalu yang juga dibudidayakan sejak tahun 1940 di China. Jamur shitake dipercaya memiliki banyak manfaat dan cita rasa yang lezat. Tak heran jika jenis jamur ini banyak dikonsumsi dalam berbagai menu makanan.

Jamur Kuping

Jamur berikutnya yang dapat dikonsumsi adalah jamur kuping. Jamur ini memiliki varian seperti jamur hitam, jamur kuping merah, dan jamur kuping putih. Jenis jamur ini juga telah banyak dikonsumsi dan dibudidayakan di Indonesia. Jamur kuping dapat dibuat untuk beberapa jenis olahan dan bisa juga dibuat menjadi es yakni es jamur kuping yang memiliki banyak khasiat.

Kandungan nutrisi pada jamur tidak kalah penting dengan daging, kacang, dan biji-bijian. Perlu Anda ketahui jika kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat jamur untuk kesehatan.

Manfaat jamur untuk kesehatan

Sumber vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang bermanfaat bagi gigi dan kesehatan tulang. Untuk sumber vitamin D Anda dapat menemukannya pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Namun vitamin D juga dapat Anda temukan pada jamur. Jika Anda mengonsumsi jamur kancing, vitamin D2 dan D3 juga dapat Anda dapatkan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain itu, dengan mengonsumsi jamur sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Jamur dapat berperan sebagai antivirus yang dapat berguna untuk menjaga dan melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan tubuh Anda. Selain itu, jamur juga dapat meningkatkan kesehatan sel dendritik yang terdapat dalam sumsum tulang serta meningkatkan kekebalan tubuh dari invasi microba.

Sumber antioksidan

Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat jamur lainnya adalah berpera sebagai antioksidan yang baik. Jamur dapat melindungi tubuh dan sel tubuh dari gangguan kesahatan yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

Mengontrol berat badan

Perlu Anda ketahui jika jamur juga dapat mengontrol berat badan. Jamur sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Jamur juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti daging. Menurut penelitian, mengonsumsi jamur dapat menunjukan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti penurunan berat badan dan pengurangan lingkar pinggang.

Melawan kanker

Melawan kanker dengan cara alami akan jauh lebih baik. Salah satu caranya adalah Anda dapat mengonsumsi jamur. Hal ini karena jamur merupakan makanan alami yang dapat mencegah dan melawan kanker. Selain itu, jamur shitake juga dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Nah itulah tadi beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi manusia yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Makanan penyebab bau mulut.