Jalan Pandanaran, Pusat Oleh-oleh Khas Semarang

By Categories : Makanan

Saat Anda sedang berada di Semarang, Jawa Tengah jangan lupa mampir ke Jalanan Pandanaran. Ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas Semarang terlengkap. Jalan Pandanaran terletak di tengah pusat kota Semarang, yaitu berada antara Kawasan Simpang Lima dan Tugu Muda. Anda dapat menemukan makanan khas Semarang di jalan ini seperti, Lumpia, Wingko Babat, dan Bandeng Presto. Bagi Anda yang dari luar Kota, silahkan datang ke Jalan Pandanaran untuk membeli oleh-oleh khas kota Semarang terlengkap.

Pusat Oleh-oleh Khas Semarang

Berikut Oleh-oleh khas Semarang yang terpopuler

  1. Lumpia

Lumpia atau Loenpia merupakan salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Lumpia digoreng dengan isi rebung dan berbagai macam isian seperti daging sapi, daging ayam, hingga ikan. Walaupun terbilang lebih mahal dibanding makanan lainnya, namun Lumpia memiliki ukuran yang besar dan nikmat. Dalah satu pusat penjualan Lumpia adalah Jalan Pandanaran. Ada dua piliha Lumpia yang Anda beli, yakni Lumpia basah atau kering.

  1. Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan oleh-oleh khas Semarang yang terkenal lezat. Bandeng ini memiliki duri yang lunak setelah dipresto. Durinya yang lembut membuatnya tidak terasa saat dikonsumsi. Selain itu, Bandeng Presto juga mapu bertahan lama hingga beberapa hari, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Salah satu pusat penjualan Bandeng Presto adalah Bandeng Djuwana yang terletak di jalan Pandanaran.  Di sini juga teradapat jasa pengiriman, sehingga jika Anda membeli oleh-oleh di sini maka dapat langsung mengirimnya ke rumah untuk oleh-oleh.

  1. Wingko Babat

Hampir semua orang menyukai makanan khas Semarang ini. Wingko Babat terbuat dari tepung bertekstur kenyal an warna-warni. Seenarnya makanan ini berasal dari Babat, Jawa Timur. Namun karena banyaknya penjual di Semarang maka dijadikan oleh-oleh khas Semarang.

Ada banyak penjual Wingko Babat di Jalan Pandanaran Semarang. Namun yang paling terkenal adalah Toko Wingko Babat Cap Kereta Api yang berada di Kawasan Kota Lama. Toko ini menjual Wingko Babat sejak 1946 hingga sekarang.

  1. Tahu Bakso

Tahu Bakso sebenarnya cemilan khas Ungarang, Kabupaten Semarang, namun banyak ditemui di Jalan Pandanaran Semarang. Tahu basko memiliki ukuran besar dan terdapat bakso di bagian tengahnya. Tahu Bakso yang terkenal adalah tahu bakso Ibu Pudji  yang memiliki beberapa gerai yang tersebar di Semarang. Tahu Bakso Ibu Pudji dikenal bebeas bahan pengawet, borax, dan formalin.

  1. Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh khas Semarang ini berbentuk semacam kue bolu dengan tekstur padat, memiliki rasa yang manis, dan beraroma jahe. Sperti namanya, kue ini berbentuk seperti bantalan rel kereta api. Untuk membeli Roti Ganjel Rel Anda dapat datang ke Toko Erlina Jalan Pandanaran Semarang.

  1. Mochi Gemini

Kue ini merupakan oleh-oleh khas Semarang yang dapat Anda temukan di Jalan Kentangan Barat 101. Kue ini berasal dari tepung adonan tepung ketan yang bagian dalamnya berisi kacang cincang dan gula. Kue mochi memiliki tampilan yang kecil dan kenyal serta taburan wijen di atasnya.Taburan wijen tersebut tentu akan menggoda siapa saja yang melihatnya. Mochi gemini dibuat tidak dengan bahan pengawet dan mampu bertahan hingga satu minggu.

  1. Brillian Super Cake

Roti ini menjadi oleh-oleh khas Semarang  yang banyak diburu wisatawan. Untuk mendapatkannya, Anda dapat berkunjung Istana Brilian yang berada di Jalan Simpang Lima. Roti Brilian dibuat dengan bahan pilihan terbaik serta menggunakan resep yang sudah turun temurun dan masih terjaga keaslinannya. Terdapat berbagai varian rasa, diantaranya adalah coklat, keju, almond, dan kismis. Makanan ini sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah.  Selain itu, roti ini juga dapat bertahan hingga berhari-hari dengan proses kemasan yang baik.

  1. Kaos Costa Brava van Java

Jika Anda menginginkan oleh-oleh khas Semarang yang awet maka Anda dapat membeli kaos khas Semarang dengan brand Costa Brava van Java. Walaupun terdengar asing, namun kaos ini merupakan hasil kreativitas anak Semarang.  Costa Brava sendiri merupakan kota pantai cantik yang terletak di Eropa. Desain yang dihasilkan dari kaos ini cukup unik dan identik dengan Kota Semarang. Seperti gambar Simpang Lima dan Lawang Sewu. Selain kaos, terdapat juga beberapa aksesoris menarik lainnya seperti gantungan kunci, mug, dan tas. Untuk membeli oleh-oleh khas dari Kota Semarang ini Anda dapat menuju ke Jalan Tlogosari III No. 32A, Tembalang, Semarang.

  1. Batik Semarangan

Semarang juga memiliki batik khas yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh.  Batik Semarang memiliki motif yang berbeda, biasanya bergambar landmark khas kota, seperti Gereja Blendhuk, Tugu Muda, dan Lawang Sewu. Jika Anda ingin membeli batik khas Semarang, Anda dapat berkunjung ke Kampung Batik yang berada di Jalan Batik. Selain itu, Anda juga dapat melihat proses pembuatan batik secara langsung.

Loading...