Intip Rahasia Awet Muda Orang Jepang

By Categories : Tips

Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi. Seperti yang kita ketahui jika kebanyak orang Jepang memiliki umur yang panjang serta awet muda. Hal tersebut tentunya bukan sesuatu yang kebetulan, pasti ada rahasia yang membuat mereka memiliki umur panjang.

Rahasia Awet Muda Orang Jepang

Memiliki umur panjang tentunya tidak bisa lepas dari awet muda. Saat berkunjung ke Jepang tentu Anda akan mudah menemukan orang yang sudah tua tetapi masih kelihatan segar. Hal ini dikarenakan terdapat rahasia awet muda yang mereka lakukan.

Berikut rahasia awet muda masyarakat Jepang

  1. Mengonsumsi makanan berkualitas

Makanan berkualitas merupakan makanan sehat yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jepang sejak muda. Makanan tersebut terbuat dari bahan alami dan mengandung banyak nutrisi seperti ikan, rumput laut, kedelai, dan buah. Untuk mencukupi kebutuhan antioksidan tinggi biasanya orang Jepang selalu mengonsumsi teh hijau. selain dapat mencegah kanker, antioksidan juga merupakan bahan yang efektif untuk meremajakan sel.

  1. Memilih bahan makanan yang segar dan sedang musim

Rahasia awet muda orang Jepang terdapat pada bahan makanan yang mereka konsumsi. Mereka selalu menggunakan bahan makanan yang masih segar dan terbaik. Menurut mereka, bahan makanan yang paling baik adalah buah, ikan, dan sayuran yang dipanen pada saat musimnya. Bahan makanan tersebut akan memiliki kandungan gizi dan rasa yang lebih baik dibanding sayuran dan buah  yang dipanen bukan pada musimnya. Mereka mengonsumsi bahan makanan tersebut menjadi sushi atau salad.

  1. Mengonsumsi slow food

Orang Jepang selalu memasak makanan sendiri untuk mereka konsumsi. Menu yang sering dijumpai dalam menu keluarga Jepang adalah nasi, sayur rebus, ikan panggang, dan teh hijau. semua makanan tersebut dibuat dengan satu kali proses pengolahan. Makanan yang melalui satu kali proses pengolahan dipercaya jauh lebih sehat dibanding dengan beberapa kali proses.

  1. Mengutamakan sarapan

Menurut budaya Jepang, sarapan merupakan makan yang paling penting dalam sehari. Salah satu rahasia awet muda ini selalu disempatkan oleh orang Jepang sebelum melakukan aktivitas. Menu sarapan juga tidak sembarangan, biasanya orang Jepang sarapan dengan seporsi nasi , sup miso, dan tahu atau telur. Menu ini cukup sederhana tetapi memilki nutrisi yang besar.

  1. Makan dengan porsi secukupnya

Orang Jepang sudah terbiasa makan dengan porsi makan yang sedikit. Mereka diajarkan tidak mengisi piring dengan penuh dan selalu makan dengan perlahan. Dengan cara tersebut makanan yang masuk akan mudah dicerna dan nutrisi akan terserap secara sempurna.

  1. Rajin berolahraga

Rahasia awet muda orang Jepang selanjutnya adalah rajin berolahraga. Mereka selalu rajin melakukan aktivitas fisik. Dalam aktivitas sehari-hari mereka lebih suka menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk menuju ke tempat yang dituju. Selain itu, mereka selalu bejalan dengan cepat. Salah satu anggapan warga Jepang adalah orang yang berjalan lambat merupakan seorang yang pemalas.

Selain kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda juga harus mengetahui beberapa makanan sehat agar tubuh Anda terlihat awet muda.

Makanan sehat yang membuat tubuh tetap awet muda

  • Sirup maple. Sirup ini memiiki warna cokelat keemasan dan memiliki rasa manis alami. Sirup maple mengandung antioksidan , vitamin, dan zinc yang mampu menambah sistem imun tubuh sehingga menjadi lebih baik. Anda dapat mengonsumsi sirup ini dengan yoghurt agar lebih nikmat.
  • Mentimun. Anda dapat memanfaatkan mentimun untuk menyejukan mata yang lelah. Mentimun memiliki kandungan fisetin dan flavonols yang mampu mencegahterjadinya kasus menyusutnya memori serta dapat mencegah resiko penyakir alzheimer. Kandungan silica pada mentimun dapat menjaga kelenturan kulit dan tulang. Konsumsi mentimun sebagai salad, lalapan, atau jus sesuai selera Anda.
  • Minyak kelapa.  Menggunakan minyak kelapa murni selama tujuh minggu mampu menjaga kelembapan pada kulit hingga 32%. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki aroma yang gurih saat digunakan untuk memasak.
  • Bunga yang bisa dkonsumsi. Makanan yang dapat membuat tubuh awet muda adalah bunga. Namun perlu Anda ketahui jika tidak semua bunga dapat dikonsumsi. Anda dapat memilih bunga yang bisa dikonsumsi sebagai campuran salad atau hiasan dalam sajian makanan. Jenis bunga yang dapat dikonsumsi mengandung phonelic serta antioksidan anti penuaan. Selain itu, kelopak bunga pada bunga yang dapat dikonsumsi mengandung zat anti inflamasi yang tinggi dan mampu mencegah penyakit kanker dan jantung. Jika Anda tidak menemukan bunga dengan kriteria tersebut, Anda dapat mengonsumsi berbagai macam sayuran hijau karena mengandung pitokimia yang mirip dengan kandungan kalsium dan serat.
  • Jamur shiitake. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Biological Trace Elemental Research menyebutkan jika bagian dari organ manusia memerlukan kadar tembaga yang harus dicukupi setiap harinya. Untuk itu Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak tembaga seperti jamur shiitake. Makanan ini juga mampu mengontrol pertumbuhan uban sehingga tidak mudah memutih.

loading...