Inilah Tips Beolahraga Saat Puasa Ramadhan

By Categories : Kesehatan

Selain dapat menunjang program diet, berolahraga juga berguna untuk menyehatkan tubuh. Namun di bulan puasa yang seperti ini masih tetap amankah berolahraga? Saat berpuasa perut tentunya dalam keadaan kosong dan tidak memiliki cadangan energi. Namun meskipun begitu, saat berpuasa tubuh harus tetap berolahraga. Tahukah Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong justru malah sangat baik untuk kesehatan?

Inilah Tips Beolahraga Saat Puasa Ramadhan

Dilansir dari Greatist, saat berolahraga dalam keadaan perut kosong, ia akan memicu perubahan hormon dalam tubuh yang dapat membantu untuk pembakaran lemak lebih cepat serta pembentukan otot lebih kuat. Tak hanya itu saja berolahraga saat berpuasa juga dapat meningkatkan insulin dalam tubuh. Sehingga ini akan mencegah penyakit diabetes. Meskipun memiliki keuntungan dan manfaat yang baik untuk tubuh. Anda beberapa tips yang wajib Anda perhatikan sebelum berolahraga. Berikut adalah tips berolahraga saat puasa ramadhan.

Tips Berolahraga Saat Puasa Yang Perlu Anda Ketahui

Mengurangi Intensitas Olahraga

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengurangi intensitas olahraga yang dilakukan. Ketika berpuasa, tubuh akan mengalami penurunan dalam proses metabolisme. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan energi yaitu nutrisi dari makanan dan minuman. Oleh karena itu, memaksakan diri untuk melakukan olahraga justru akan membuat tubuh semakin lemas. Jenis olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa adalah jalan kaki, bersepeda ringan, kegiatan membersihkan rumah ataupun jogging santai.

Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Yang harus Anda perhatikan yang kedua adalah selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berolahraga. Pemanasan yang Anda lakukan bertujuan untuk mengurangi resiko ataupun cidera saat berolahraga. Sedangkan pendinginan yang dilakukan setelah berolahraga bertujuan untuk mengurangi ketegangan otot dan juga untuk merileksasikan otot tubuh. Agar tidak terlalu lelah Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti sepeda statis ataupun treadmill.

Olahraga Sebelum Buka Puasa

Segala sesuatu yang dilakukan menjelang buka puasa lebih dikenal dengan ngabuburit. Pada umumnya, olahraga sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2 jam atau disarankan yaitu 45 hingga 90 menit. Setelah melakukan olahraga, seseorang pastinya bisa langsung mengganti cairan yang hilang setelah berolahraga dan dan berpuasa. Olahraga yang Anda lakukan di sore hari dapat mencegah resiko dehidrasi saat berpuasa.

Olahraga Setelah Berbuka Puasa

Tips berolahraga saat puasa selanjutnya adalah berolahraga setelah berbuka puasa. Olahraga yang dilakukan saat berbuka puasa sangat disarankan yaitu satu setengan jam setelah berbuka atau lebih tepatnya setelah sholat tarawih. Hal ini bertujuan untuk menurunkan resiko kerusakan pada jaringan otot. Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah angkat beban, cardio ataupun olahraga lainnya yang tidak memiliki resiko yang terlalu tinggi.

Nah itulah beberapa tips berolahraga saat puasa yang dapat Anda lakukan. Baca juga artikel tentang Olahraga untuk diet sehat.

Loading...