Inilah Struktur Sel Tumbuhan Lengkap dengan Fungsinya

By Categories : Pendidikan

Sel tumbuhan merupakan kelompok sel eukariotik, yaitu kelompok sel yang memiliki materi genetik (DNA) yang dibungkus oleh membran. Jika dibandingkan dengan sel eukariotik lainnya, sel tumbuhan memiliki ciri khas tersendiri, tepatnya pada strukturnya. Perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan adalah sel tumbuhan memiliki organel-organel ysel yang menjalankan fungsi-fungsi fisiologis pada tumbuhan, dinding selnya tersusun dari senyawa selulosa, pektin, lignin dan hemiselulosa. Lalu bagaimana struktur sel tumbuhan itu sendiri? Berikut ulasannya.

Struktur sel tumbuhan

Struktur sel tumbuhan dan fungsinya

Dinding sel

Dinding sel tersusun dari serat-serat selulosa yang bersifat dan kaku. Fungsi utama dari dinding sel adalah untuk mempertahankan bentuk sel dan melindungi sel dari kerusakan. Bagian yang satu ini merupakan salah satu struktur sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan. Pada dinding sel sendiri terdapat plasmodesmata yang berguna sebagai penghubung dengan sel disebelahnya.

Membran sel

Yang kedua adalah membran sel. Membran sel adalah bagian terluar yang membatasi isi sel dengan dinding sel. Fungsi membran sel adalah sebagai pelindung dan pengontrol yang memiliki sifat semi permeabel. Membran sel tersusun dari selaput lipoprotein (lipida dan protein).

Protoplasma dan sitoplasma

Selanjutnya adalah protoplasma dan sitoplasma. Protoplasma dan sitoplasma adalah cairan sel yang mengisi ruangan antara membran sl dengan inti sel. Sitoplasma sendiri merupakan sumber bahan kimia yang penting. Sitoplasma juga merupakan tempat berlangsungnya metabolisme, seperti sintesis protein, glikolisis, sintesis asam lemak dan lainnya.

Inti sel atau nukleus

Struktur sel tumbuhan selanjutnya adalab inti sel. Inti sel atau nukleus adalah organel yang paling besar yang berbentuk bulat. Inti sel berfungsi untuk mengendalikan seluruh kegiatan sel, salah satunya yaitu dalam reproduksi. Hal ini dikarenakan inti sel mengandung DNA atau materi genetik yang akan diwariskan pada sel berikutnya.

Retikulum endoplasma (RE)

Umunya RE dibedakan menjadi du macam yaitu RE kasar dan RE halus. pada permukaan membran RE kasar terdapat banya ribosom yang menempel. RE yang satu ini berfungsi untuk sintesis protein. sedangkan RE halus merupakan RE yang tidak memiliki riboson di permukaan membrannya. RE halus berfungsi untuk oksidasi biologi, sintesis lemak dan transfer produk sintesis.

Ribosom

Berikutnya adalah ribosom. Ribosom memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungya penerjemahan kode-kode genetik mRNA menjadi adam amino pada sintesis protein. ribosom sendiri merupakan partikel kecil non membran yang tersusun dari 65% rRNA dan 35% protein ribosoom.

Lisosom

Lisosom memiliki peranan besar dalam pencernaan sel. Organel ini tersusu atas selapis membran yang terbentuk dari vesikula aparatus golgi. Dalam sel tumbuhan lisosom memiliki jumlah yang sangat sedikit dan bahkan tidak ditemukan.

Vakuola

Jika dibandingkan dengan inti sel vakuola memiliki ukuran yang lebih besar. Fungsi utama vakuola adalah sebagai tempat penyimpanan makanan, enzim ataupun pigmen. Selain itu membran yang dibatasi oleh tonoplas ini memiliki peranan penting dalam menjaga tur giditas sel tumbuhan.

Demikianlah ulasan mengenai struktur sel tumbuhan lengkap dengan fungsinya.

Baca juga inilah pengertian dan perbedaan DNA dan RNA.

Loading...
terms: struktur sel tumbuhan, sel tumbuhan, gambar sel tumbuhan, gambar struktur sel tumbuhan, struktur sel tumbuhan lengkap, gambar sel tumbuhan terlengkap, gambar struktur sel, susunan sel tumbuhan, gambar struktur sel tumbuhan dan sel hewan, gambaran sel tumbuhan lengkap dan fungsinya, sel sel, sel tumbuhan lengkap