Inilah Prospek Kerja Sarjana Jurusan Hubungan Internasional

By Categories : Umum

Sebelum memutuskan untuk berkuliah ataupun melanjutkan pendidikan ke lebih tinggi ada baiknya jika Anda memperhatikan tips memilih jurusan kuliah yang tepat.  Beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain, jurusan yang sesuai dengan minat, perhatikan budget hingga mencari informasi sampai ke detail, mulai dari kualitas pendidikan, ilmu yang di dapat hingga prospek untuk kedepannya. Sampai saat ini salah satu jurusan perkuliah yang banyak diambil para mahasiswa dan mahasiswi adalahjurusan Hubungan Internasional.

Prospek Kerja Sarjana Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan HI atau Hubungan Internasional sendiri berkaitan erat dengan bagaimana menjalin hubungan antar negara-negara dengan baik dan harmonis untuk menghasilkan hubungan bilateral yang menguntungkan. Lantas apa saja prospek kerja untuk seseorang yang berkuliah dijurusan ini? untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Prospek kerja untuk jurusan Hubungan Internasional

Politisi

Yang pertama adalah politisi. Mahasiswa yang berkuliah di jurusan HI dituntu aktif terhadap isu-isu politik yang berkaitan erat dengan persoalan negara. Oleh karena itu, hal inilah yang membuat lulusan Hubungan Internasional memiliki kemampuan politik yang baik. dengan ilmu dan keahliannya, diharapkan para sarjana Hubungan Internasonal  dapat menjadi seorang politisi yang kritis dalam menanggapi kebijakan-kebijakan baik di negerinya sendiri ataupun dari lingkup internasional.

Konsultan internasional

Yang kedua adalah menjadi konsultan internasional. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam sebuah hubungan internasional, maka sangat diperlukan adanya konsultan internasional yang sekiranya ia mengerti tentang permasalahan antar negara yang terjadi. Untuk menjadi seorang konsultan internasional dibutuhkan pemahaman  yang mendalam mengenai dunia HI serta seluk beluknya. Konsultan internasional juga merupakan salah satu prospek kerja yang baik bagi lulusan HI.

Diplomat/ Duta besar

Prospek kerja untuk jurusan Hubungan Internasional selanjutnya adalah menjadi seorang diplomat atau duta besar. Sama seperti konsultan internasional, menjadi seorang duta besar juga merupakan salah satu prospek kerja terbaik bagi lulusan HI. Untuk bisa menjadi seorang diplomat, para mahasiswa HI harus menguasai dan memahami isu-isu internasional, khususnya bagi negara yang sedang dibawahinya.

Wartawan ataupun jurnalis

Mahasiswa HI juga selalu dilatih untuk berfikir kiritis dalam melihat suatu permasalahan, kasus ataupun isu yang bertaraf internasional. Hal inilah yang membuat para mahasiswa jurusan HI cocok menjadi seorang wartawan ataupun jurnalis.

International Officer

Prospek kerja berikutnya adalah dapat menjadi seorang international officer. Seorang International Officer dapat bekerja di beberapa instansi antara lain, Kementrian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Departemen Luar Negeri dan masih banyak lagi. Seseorang yang bekuliah di jurusan HI dapat menerapkan segala materi dan hal-hal praktis yang ia dapatkan selama kuliah.

Nah itulah beberapa prospek kerja sarjana jurusan Hubungan Internasional. Selain itu, seorang lulusan Hubungan Internasional juga dapat menjadi seorang dosen ataupun akademisi.