Inilah Perubahan Fisik Wanita Setelah Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Perubahan fisik ibu hamil setelah melahirkan yang paling terlihat adalah tubuh gemuk dan tidak seksi lagi seperti dulu. Namun tahukah Anda umumnya tak hanya itu saja perubahan fisik yang akan terjadi? Nah bagi Anda yang penasaran dengan perubahan fisik setelah melahirkan, simak saja ulasan berikut ini. Sebab kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui banyak wanita yang merasa takut setelah melahirkan akan memiliki tubuh yang gemuk, nafsu makan meningkat karena harus menyusui serta penampilan tidak menarik lagi. Hal tersebutlah yang membuat perempuan setelah melahirkan akan melakukan diet ketat untuk mengembalikan bentuk tubuh.

Namun padahal, setelah melahirkan diet ketat sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Sebab hal ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas produksi ASI. Sehingga si kecil tidak mendapat asupan nutrisi serta gizi yang cukup. Sebelum memutuskan untuk berdiet ketat, perlu diketahui bahwa tubuh memiliki kemampuan untuk kembali seperti semula setelah melahirkan.

Namun meskipun begitu, Anda tetap harus mengatur pola makan dan olahraga teratur. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fakta tentang perubahan tubuh ibu setelah melahirkan.inilah-perubahan-fisik-wanita-setelah-melahirkan

Perubahan Fisik Ibu Hamil Setelah Melahirkan

Bobot Berkurang 4 Kg

Tahukah Anda bahwa ibu akan kehilangan bobot sekitar 4 kg setelah melahirkan. Seperti yang kita ketahui berat badan akan meningkat drastis saat hamil. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Normalnya, bayi dalam kandungan memiliki berat sekitar 2,8 sampai 3,2 kg, ditambah dengan 0,8 kg cairan ketuban. Sehingga setelah melahirkan tubuh akan kehilangan berat badan sekitar 4 kg.

Baca juga cara mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan

Penurunan berat badan tersebut memang tidak akan langsung terjadi, dalam minggu pertama Anda akan kehilangan berat badan sekitar 2 kg. Di samping itu, Anda pun harus mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur untuk membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.

Kerontokan Rambut

Rambut rontok setelah melahirkan memang salah satu hal yang sering terjadi. Rambut rontok ini akan terjadi selama 1 sampai 6 bulan setelah melahirkan. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan?

Caranya pun sanga mudah, yaitu konsumsilah makanan yang berprotein tinggi, makanan yang mengandung zat besi, antioksidan, seng, flavonoid dan silika. Beberapa nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Sehingga rambut rontok bisa segera diatasi.

Muncul Jerawat

Yang ketiga adalah muncul jerawat. Selama kehamilan, ada peningkatan sirkulasi darah sebanyak 50 persen. Meningkatnya aliran darah ini disimpan di banyak tempat, maka jangan heran para ibu hamil memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar.

Namun setelah melahirkan, ukuran pembuluh darah di wajah dan sirkulasi darah akan kembali normal. Hal inilah yang membuat kulit wajah sangat rentan terhadap jerawat dan biasanya, kondisi ini banyak dialami oleh perempuan yang berhenti menyusui.

Stretch Mark Akah Hilang

Perubahan fisik ibu hamil setelah melahirkan adalah stretch mark akan menghilang. Saat hamil, sekitar 90 persen wanita akan mengalami stretch mark. Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan berat badan yang cepat. Saat hamil, tubuh mengembang lebih cepat dari kinerja peregangan kulit. Agar stretch mar mudah dihilangkan, gunakanlah lotion pengilang stretch mark ketika stretch mark tersebut dalam keadaan baru.

Otot Perut Akan Kembali Normal

Pastinya kita akan khawatir bukan jika setelah melahirkan perut akan bergelambir dan tak seksi lagi? Namun Anda tak perlu khawatir, saat hamil otot perut memang akan melebar hal ini berfungsi untuk menopang bayi dalam rahim. Namun setelah melahirkan, otot perut tersebut akan kembali ke fungsi awalnya untuk menopang organ lainnya, sehingga kondisi perut akan kembali seperti semula.

Namun jika Anda ingin mendapatkan perut yang ramping dan sixpack, Anda harus melakukan serangkaian kegiatan olahraga 3C, yaitu cardio, core dan clean eating. Latihan kardio, latihan otot inti dan makan makanan sehat dapat membantu Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang dinginkan.

Tak perlu Makan Berlebihan saat Menyusui

Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika menyusui ibu harus mengonsumsi makanan dua kali lipat lebih banyak agar nutrisi si kecil terpenuhi. Padahal, kalori untuk ASI sebagian besar datang dari cadangan tubuh Anda. Oleh karena itu Anda tak perlu berlebihan untuk menambah cadangan ASI. Saat menyusui,  fokus saja pada makan teratur seperti mengonsumsi buah, sayur, susu rendah lemak dan protein rendah lemak.

Perlu diketahui pula bahwa menyusui sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam setiap harinya, bayi membutuhkan sekitar 500 sampai 800 kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Sehingga dalam sehari, tubuh Anda bisa membakar lemak sampai 800 kalori.

Baca juga cara diet setelah melahirkan yang tepat agar kembali langsing

Nah itulah beberapa perubahan fisik ibu hamil setelah melahirkan yang perlu diketahui.

loading...