Inilah Penyebab Telapak Kaki Sakit

By Categories : Kesehatan

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai cara mengatasi telapak kaki sakit secara alami, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab telapak kaki sakit. Sakit pada kaki merupakan salah satu masalah yung banyak dikeluhkan oleh begitu banyak orang. Apakah Anda juga termasuk dari mereka ? Satu hal yang perlu Anda tahu, jangan pernah menganggap remeh penyakit ini. Karena bisa jadi sakit tersebut merupakan sebuah tanda terdapat penyakit berbahaya lain dalam tubuh.

Pada umumnya setiap orang sering mengalami keluhan ini ketika pada saat bagun tidur. Hal itu menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan fasciitis plantaris atau yang lebih mudahnya dikenal dengan peradangan pada jaringan lunak. Peradagan jaringan lunak ini terjadi karena disebabkan adanya iritasi kronis yang terdapat pada telapak kaki dengan jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan terjadinya fasciitis plantaris!Inilah Penyebab Telapak Kaki Sakit

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan
  2. Aktivitas yang terlalu berat dan lebih sering membebankan kaki dalam melakukan segala aktivitas dalam jangka waktu yang relatif lama.
  3. Karena kondisi kehamilan
  4. Faktor usia diantaranya 40-60 tahun.

Nah itulah merupakan salah satu penyebab umum penyebab telapak kaki sakit. Jika kondisi tersebut tidak di tangani dengan cepat maka akan menyebabkan penyakit peradangan kronis pada telapak kaki. Tapi Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan kami jelaskan pula beberapa cara mengobati sakit telapak kaki yang disebabkan oleh fasciitis plantaris.

Berikut Cara Mengobati Telapak Kaki Sakit Akibat fasciitis plantaris

Perawatan Alami

  1. Mengompres setiap pagi hari sekitar 20-30 menit selama empat kali sehari dengan menggunakan air hangat.
  2. Melakukan pelatihan peregangan pada kaki.
  3. Menggunakan bantalan yang memiliki lengkunga sepatu.
  4. Selalu menggunakan alas kaki yang terbuat dari bahan karet yang lembut.

Perawatan Medis

Jika perawatan rumah tidak kunjung membuahkan hasil atau perubahan. Anda bisa langsung mengambil tindakan untuk melakukan perawatan medis, diantaranya sebagai berikut :

  1. Melakukan injeksi steroid, injeksi ini langsung dilakukan pada bagian yang sakit dengan meggunakan suntikan kortikosteroid. Biasanya dalam melakukan hal ini dokter menggunakan bantuan USG untuk melihat bagian mana saja yang terbaik untuk melakukan injeksi.
  2. Fisioterapi penderita sakit akan melakukan berbagai terapi dalam penyembuhannya. Terapi ini akan dipandu oleh dokter spesialis fisioterpist.
  3. Terapi gelombang kejut extracorporeal, dalam melakukan terapi ini, gelombang suara akan di arahkan langsung pada daerah yang sakit. Hal ini dilakukan agar mempercepat proses penyembuhan.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab telapak kaki sakit. Selain itu juga telah dijelaskan mengenai cara mengetasinya penyebab dari sakit telapak kaki tersebut. Baca juga artikel terkait lainnya  Cara Menghilangkan Pegal di Kaki Setelah Olahraga