Inilah Penyebab Smartphone Android Lemot

By Categories : Teknologi, Umum

Hal yang paling menjengkelkan bagi para pengguna smartphone selain baterai habis adalah kinerja smartphone lemot. Salah satu smartphone yang banyak digunakan di kalangan masyarakat adalah smartphone Android. Smartphone Android menjadi banyak pilihan masyarakat karena berbagai alasan. Namun jika smartphone menjadi lemot tentu tidak diinginkan oleh siapa saja.

Penyebab Smartphone Android Lemot

Smartphone lemot dipicu karena beberapa hal yang sering tidak diperhatikan pengguna. Kebiasaan tersebut perlu diketahui agar smartphone terhindar dari hal tersebut. Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk memperepat kinerja Android. Untuk itu sekedar memberikan informasi kepada Anda, berikut adalah penyebab smartphone Android lemot yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Smartphone Android Lemot yang Perlu Anda Ketahui

Menjalankan Banyak Aplikasi Diwaktu Bersamaan

Dengan banyaknya aplikasi yang bisa digunakan pada smartphone Android, terkadang membuat sebagian orang tanpa sadar terlalu banyak menggunakan aplikasi di waktu yang bersamaan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab smartphone Android lemot yang bisa berakibat ponsel menjadi hang. Pada dasarnya semakin banyak aplikasi yang digunakan dan terbuka, maka akan semakin sedikit kapasitas RAM yang tersedia. Untuk itu sebaiknya Anda sebagai pengguna menutup terlebih dahulu aplikasi yang tidak digunakan agar performa smartphone Anda tetap maksimal.

Penggunaan Live Walpaper

Meskipun dapat mempercantik sebuah tampilan layar pada smartphone, live wallpaper nyatanya dapat membuat baterai menjadi boros serta membuat smartphone menjadi lemot. Banyak pengguna smartphone Android yang menggunakan aplikasi live wallpaper, justru membuat ponselnya menjadi lemot karena spesifikasi standart. Ini dikarenakan aplikasi live wallpaper membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar, serta menggunakan daya yang cukup besar. Karenanya sebaiknya jangan menggunakan aplikasi live wallpaper secara berlebih.

Terlalu Banyak Menyimpan Data

Memori penuh menjadi penyebab berikutnya smartphone Anda lemot. Untuk Anda yang suka menyimpan file dalam jumlah besar, sebaiknya mengurangi file yang kurang berguna. Pasalnya ketika memori eksternal yang dibeli tidak memiliki kapasitas terlalu besar dapat menyebabkan smartphone Anda menjadi lemot. Untuk itu bagi Anda yang suka menyimpan file dalam jumlah besar, pilihlah memori yang memiliki ukuran lebih besar, serta perhatikan merk dan kelas pada memori tersebut.

Tidak Menghapus Cache

Tidak menghapus cache setelah penggunaan berlangsung. Hal inilah yang sering terjadi bagi para pengguna smartphone Android. Dengan banyaknya jumlah cache pada smartphone mengakibatkan memori internal akan terus berkurang, sehingga membuat smartphone Android menjadi lemot. Untuk itu sangat penting sekali menghapus atau membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi untuk membersihkan file sampah ke dalam smartphone Anda.

Banyaknya Aplikasi pada Memori Internal

Penyebab yang terakhir adalah banyaknya aplikasi yang diinstal. Semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka semakin berkurang kapasitas memori internal. Untuk memori internal cukup besar tidak masalah, namun bermasalah untuk smartphone yang memiliki memori internal pas-pasan. Untuk menghindari smartphone menjadi lemot, pastikan juga uninstall atau hapus aplikasi yang kurang bermanfaat.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa penyebab smartphone Android lemot yang wajib diketahui. Baca juga artikel tentang Cara merawat baterai smartphone.

Loading...