Inilah Penyebab Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Sesak nafas merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian dada. Jika tidak segera ditangani hal ini akan menyebabkan mati lemas, karena seseorang tidak dapat melakukan pernapasan secara normal. Pada umumnya sesak nafas atau dyspnea memiliki beberapa penyebab. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab sesak nafas dan cara mengatasinya.

Inilah Penyebab Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Penyebab sesak nafas yang perlu diketahui

Asma

Penyebab yang pertama adalah karena asma. Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang menyerang paru-paru. Penyakit pernapasan yang satu ini biasanya ditandai dengan kesulitan bernapas. Asma dapat menyerang semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja dan juga dewasa. Penyebab dari penyakit ini sering kali dikaitkan dengan alergi. Adapun makanan untuk penderita asma yaitu alpukat, bayam, dan makanan kaya omega 3.

Batuk rejan

Batuk rejan merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menyebabkan sesak nafas. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis ini dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius jika terjadi pada anak-anak. Gejala umum yang sering dialami oleh penderita bajuk rejan adalah batuk dengan napas yang terengah-engah serta disertai dengan suara yang melengking. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi.

Keracunan karbon monoksida

Karbon monoksida atau (CO) merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau akan tetapi merupakan gas yang sangat membahayakan bagi sistem pernapasan manusia. Karbon monoksida dapat ditemukan dalam asap knalpot, kebakaran, asap rokok, kompor ataupun sistem pemanas yang rusak. Jika gas tersebut masuk ke dalam tubuh, CO akan mengganggu darah ketika membawa oksigen. Dan hal ini akan menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kejang dan mual yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian akibat sesak napas.

Difteri

Penyebab sesak nafas selanjutnya adalah difteri atau infeksi saluran pernapasan atau (ISPA). Penyakit ini biasanya disebabkan karena bakteri ataupun racun. Gangguan ini biasanya akan menyebabkan gangguan pada hidung, amandel, kulit atau tenggorokan. Beberapa gejala dari gangguan ini adalah peningkatan denyut nadi, demam ringan, sakit tenggorokan serta gangguan amandel.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara mengatasi sesak nafas

Pada umumnya penanganan sesak nafas pada setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda. Oleh karena itu sangat penting diagnosis yang tepat mengenai penyebab sesak napas. Jika sesak nafas yang terjadi akibat asma, Anda harus menghindari berbagai macam unsur pemicu seperti asap rokok, bulu hewan, polusi udara dan selalu menjaga kebersihan tempat tinggal. Mengonsumsi obat-obatan seperti dekongestan dan antihistamin juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi sesak napas. Ini karena kedua obat tersebut berguna untuk melancarkan proses menghirup udara. Akan tetapi jika sesak nafas yang di alami sertai dengan demam tinggi, bengkak di kaki, bibir membiru dan menggigil sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab sesak nafas dan cara mengatasinya. Baca juga artikel mengenai Olahraga yang cocok untuk penderita asma.

Loading...