Inilah Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

By Categories : Kesehatan

Sakit pinggang merupakan salah satu penyakti yang sangat sering dikeluhkan oleh hampir setiap orang, terutama bagi mereka yang aktif bekerja. Baik sakit pinggang sebelah kanan, kiri ataupun di tengah-tengah ketiganya tentu saja dapat menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyiksa. Ada beberapa orang yang khawatir karena sakit pinggang tersebut, apakah sakit pnggang tersebut terjadi karena terlalu capek bekerja atau karena penyakit lainnya. Nah bagi Anda yang mengalami hal ini, jangan khawatir, berikut adalah penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang mungkin Anda alami.

Inilah Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Mengenal penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Sakit pinggang karena ginjal

Penyebab sakit pinggang yang pertama adalah karena sakit ginjal. Beberapa sakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain batu ginjal dan infeksi ginjal. Akan tetapi hal ini pun tergantung pada letak ginjal. Jika yang terkena infeksi sebelah kanan maka yang sakit pinggang pun sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. Pada batu ginjal rasa sakit yang ditimbulnya biasanya nyeri tumpul dan tak jarang rasa sakit akan menjalar ke perut hingga selangkangan. Sedangkan pada infeksi ginjal selain sakit pinggang, akan ditandai gejala lainnya seperti gangguan buang air kecil, demam, mual, muntah dan juga menggigil.

Tegang otot

Tegang otot merupakan penyebab yang lebih sering terjadi. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, mengangkat barang yang berat dan juga gerakan tak lazim. Rasa sakit pinggang yang terjadi akibat tegang  otot dapat terjadi secara tiba-tiba atau mungkin rasa sakit yang terjadi akan meningkat secara bertahap.

Herpes zoster

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan selanjutnya adalah karena herpes zoster. Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menular. Jika terjadi di daerah pinggang sebelah kanan, penyakit ini akan menyerang saraf pada pinggang. Sehingga ini akan menyebabkan rasa nyeri, panas dan terkadang disertai dengan rasa kesemutan. Gejala lain dari penyakit ini antara lain, demam, sakit kepala, tubuh panas dingin hingga rasa tidak nyaman pada perut.

Masalah pada empedu

Peradangan atau batu empedu merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Rasa sakit akibat masalah empedu biasanya berpusat pada  bagian tengah sebelah kanan dan juga dapat naik ke bahu. Jika tidak segera diatasi masalah ini dapat menjadi masalah medis yang sangat serius. Oleh karena itu jika sakit pinggang yang Anda alami disertai edngan sakit perut, mual atau muntah segeralah konsultasikan dengan dokter.

Sciatica

Yang terakhir karena sciatica atau yang biasa disebut dengan saraf siatik kejepit. Saraf siatik merupakan saraf terpanjang dalam tubuh kita yang melalui panggul, bokong hingga sampai ke kaki. Jika hal ini terjadi pada saraf sciatic sebelah kanan maka hal ini akan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan pula dan begitupun sebaliknya.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Baca juga  obat sakit pinggang tradisional dan alami.

terms: nyeri tumpul pada pinggang kanan