Inilah Penyebab Kanker Otak Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Hingga saat ini kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap orang.  Gejalanya yang sulit untuk dikenali membuat kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti selain serangan jantung mendadak. Selain kanker payudara, jenis kanker yang sering menyerang adalah kanker otak. Otak merupaka organ tubuh paling vital dimana fungsinya sangat penting sekali bagi untuk koordinasi setiap anggota tubuh.

Inilah Penyebab Kanker Otak Pada Anak

Selain orang dewasa dan lansia. Kanker otak juga sangat sering diderita oleh anak-anak. Gejala kanker otak pada anak yang paling umum adalah sakit kepala yang berkelanjutan, mudah mengantuk, mual dan muntah, fungsi indra mengalami penurunan serta berhentinya haid secara tiba-tiba dan tidak wajar. Lantas apa yang menyebabkan kanker otak itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab kanker otak pada anak yang perlu diwaspadai.

Penyebab kanker otak pada anak

Faktor keturunan atau riwayat keluarga

Hampir setiap penyakit faktor utama yang menyebabkan adalah adanya faktor keturunan ataupun riwayat keluarga. Seseorang anak  yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker otak, memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker otak jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki keluarga tanpa riwayat kanker otak. Oleh karena itu, jika sanak saudara pernah mengalami hal ini sebaiknya mulai untuk menerapkan pola dan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit mematikan yang satu ini. Selain kanker, beberapa penyakit lain yang dapat disebabkan karena faktor genetik antara lain diabetes, jantung dan juga hipertensi.

Kelainan gen

Yang kedua adalah karena kelainan gen. Kelainan gen yang terjadi di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kanker otak. Hal ini dikarenakan kelainan gen akan menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkontrol, sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker. Tak hanya itu saja, penyusunan ulang kromosom juga dapat menyebabkan kelainan gen yang pada akhirnya dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

Bahan kimia

Penyebab kanker otak selanjutnya adalah karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia ataupun paparan radiasi kimia. Kedua hal tersebut sangat berpotensi merusak jaringan otak. Bahan kima yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah, formalin yang digunakan sebagai bahan pengawet, vinil klorida serta acrylontrile.

Terapi radiasi

Anak-anak yang melakukan terapi radiasi untuk pengobatan penyakit tertentu juga dapat meningkatkan pertumbuhan dari tumor otak. Jika sering dilakukan, tumor tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada daerah yang ada disekitarnya yang pada akhirnya akan berkembang menjadi sel kanker yang sangat mematikan.

Kondisi genetik tertentu

Berikutnya adalah karena kondisi genetik tertentu. Kondidi genetik tertentu seperti neurofibromatosis dan sindrom retinoblastoma juga dapat menyebabkan penyakit yang satu ini. Karena kedua kelainan tersebut dapat mengubah gen atau kromosom yang ada di dalam tubuh.

Demikianlah ulasan mengani penyebab kanker otak pada anak. Baca juga  gejala kanker pada anak.

Loading...